Jakarta – Dukungan terhadap Presiden Joko Widodo akan berkurang jika nantinya menggandeng Puan Maharani untuk maju pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Jokowi Diyakini Bakal Kehilangan Dukungan Parpol Jika Gandeng Puan

Presiden Joko Widodo

Setidaknya dukungan dari partai-partai politik akan berkurang, lantaran keduanya dikenal sama-sama berasal kader partai berlambang banteng moncong putih. Sementara partai lain juga memiliki ambisi untuk memadukan kader merekadengan Jokowi.

Baca juga : Jonru Menyebut Dirinya Akan Dibela Sejumlah Pengacara Papan Atas

“Jadi saya kira wacana itu nampaknya sulit. Karena semua aspek tentu akan dipertimbangkan secara matang dalam penetapan pasangan calon presiden,” ujar Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (LAPI) Maksimus Ramses Lalongkoe, Kamis (31/8/2017).

Ramses memperkirakan jika nantinya Jokowi tetap dipaksakan berpasangan dengan Puan, partai-partai yang selama ini mendukung Jokowi akan menarik dukungan.

Hal tersebut, menurut Ramses, tentu sangat tidak diinginkan. Karena walau bagaimana pun butuh kekuatan politik besar untuk memenangkan pemilihan presiden 2019.

“Makanya saya kurang yakin dengan hal tersebut. Tapi kalau sekadar wacana sepertinya tidak masalah,” ucap pengajar di Universitas Mercu Buana tersebut.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)