Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Peduli Kanker Serviks, Cegah Lewat Pemeriksaan Teratur

Peduli Kanker Serviks, Cegah Lewat Pemeriksaan Teratur

Surabaya – Meninggalnya dua public figur beberapa waktu yang lalu menyisakan pesan mendalam untuk seluruh kaum perempuan, khususnya di Indonesia untuk lebih peduli terhadap kanker serviks. Kanker yang menyerang leher rahim ini telah menjadi ancaman menakutkan jika dilihat dari data kematian yang disebabkan olehnya.

Peduli Kanker Serviks, Cegah Lewat Pemeriksaan Teratur

Dari data yang dihimpun oleh situs resmi Depkes, terdapat 98 ribu orang penderita kanker serviks di Indonesia pada tahun 2013. Dan di tahun ini jumlahnya terus meningkat dan diperkirakan satu orang meninggal setiap jamnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof.DR.dr. Aru Wicaksono menyebut bahwa jumlah penderita kanker di Indonesia sangat tinggi. Setiap tahun tidak kurang dari 15.000 kasus kanker serviks terjadi di Indonesia.

Di kesempatan yang berbeda, dalam pernyataannya, Dokter Spesialis Ongkologi Ginekologi Prof. Dr. dr. Andrijono SpOG(K) sedikit menyesalkan karena mayoritas penderita kanker serviks yang datang berobat sudah berada pada stadium 2 keatas. Padahal menurut Prof Andrijono penderita kanker serviks yang sudah berada di stadium lanjut, pengobatannya sudah tidak bisa dioperasi.

“Cakupan skrining kanker serviks terbilang cukup rendah. Hanya sekitar 7,7 persen melakukan pap smear dan 3,5 persennya melakukan IVA,” katanya.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Ginekolog dr. Med. Firman Santoso, Sp.OG. Menurutnya, hal terbaik agar terhindar dari kanker serviks adalah dengan mencegah. “Kuncinya adalah lakukan tes pap smear regular. Jika hasil pap smear mencurigakan, maka kamu bisa melakukan serangkaian tes lainnya, seperti tes HPV dan bisa memperlihatkan area mana yang diperkirakan bisa muncul sel kanker,” jelasnya.

Dan untuk menjawab kebutuhan tersebut, Prodia sebagai laboratorium klinik terbaik telah menghadirkan Prodia Women’s Health Center (PWHC), klinik layanan kesehatan khusus perempuan berbasis Women-Wellness yang pertama di Indonesia. Klinik PWHC yang berada di Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan ini adalah wujud dari komitmen layanan sepenuh hati Prodia bagi para wanita. PWHC hadir khusus untuk melayani para wanita dalam melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.

Peduli Kanker Serviks, Cegah Lewat Pemeriksaan Teratur

Dengan layanan di PWHC yang meliputi :

– Pemeriksaan Laboratorium Lengkap
– Advanced Ultrasonography
– Konsultasi Team Dokter Ahli
– Histeroskopi
– Kolposkopi
– X-Ray

Peduli Kanker Serviks, Cegah Lewat Pemeriksaan Teratur

Prodia ingin agar Perempuan Sehat, Perempuan Hebat: Ayo Deteksi Dini untuk Cegah Kanker Serviks.

Kanker serviks tidak boleh di anggap remeh, karena jika lalai dalam menjaga kesehatan tubuh, akan beresiko fatal. Merawat diri sebaik mungkin dan melakukan pemeriksaan secara teratur, maka penyakit kanker bisa dicegah sedini mungkin. Karena itu mulailah peduli dengan kesehatan. (Eka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Begini Tanda-Tanda Seseorang Terkena Kanker Prostat

Begini Tanda-Tanda Seseorang Terkena Kanker Prostat

Jakarta – Menurut catatan Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker prostat menduduki peringkat kedua jenis penyakit ...