Home > Otomotif > Mobil > Begini Cara Mudah Merawat Aki Kering dan Basah

Begini Cara Mudah Merawat Aki Kering dan Basah

Jakarta – Salah satu komponen penting dari mobil adalah aki. Komponen ini berfungsi memasok energi listrik pada kendaraan. Meskipun berlabel ‘Maintenance Free (MF)’ aki tetap membutuhkan perawatan agar umur aki lebih panjang.

Begini Cara Mudah Merawat Aki Kering dan Basah

Untuk mobil yang dipakai setiap hari, umumnya umur aki sekitar satu tahun. Namun, bila pemilik mobil melakukan perawatan berkala, maka umur aki bisa lebih panjang.

Menurut seorang Technical Operasional berpengalaman di sebuah bengkel di Jakarta, untuk mobil yang memakai aki kering, perawatan cukup dilakukan dengan mengecek kondisi terminal (positif dan negatif), apakah ada butiran putih atau tidak.

“Jika ada harus dibersihkan, caranya cukup disiram air panas saja, lalu di keringkan lagi,” katanya.

Sedangkan untuk mobil yang memakai aki basah, perawatan dilakukan dengan rutin mengecek level ketinggian air aki. Bila sudah berkurang, harus segera diisi kembali sesuai dengan level yang telah ditentukan.

“Bisa di cek setiap seminggu atau satu bulan sekali dan pastikan kondisi air tidak ada yang kurang. Kalau ada yang kurang itu bisa cepat soak,” ujarnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Kelebihan Nissan Terra untuk Konsumen Indonesia

Inilah Kelebihan Nissan Terra untuk Konsumen Indonesia

Jakarta – Nissan baru saja meluncurkan SUV premium Terra untuk pasar automotif Filipina. Dalam waktu ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135