Home > Ragam Berita > Nasional > Hasil Survey INES : 68,2 Persen Responden Menilai Jokowi Tak Menepati Janji

Hasil Survey INES : 68,2 Persen Responden Menilai Jokowi Tak Menepati Janji

Jakarta – Direktur Indonesia Network Election Survei (INES) Oskar Vitriano mengatakan bahwa berdasarkan hasil survei yang dilakukan, sebagian besar responden menyatakan rasa tidak puas terhadap kepemimpinan Jokowi – Jusuf Kalla.

Hasil Survey INES : 68,2 Persen Responden Menilai Jokowi Tak Menepati Janji

Hasil Survey INES : 68,2 Persen Responden Menilai Jokowi Tak Menepati Janji

“Kinerja pemerintahan Jokowi-JK sudah barang tentu akan punya pengaruh dengan pilihan masyarakat terhadap partai politik yang akan berlaga di pileg 2019 dan tingkat keterpilihan Jokowi jika mencalonkan diri kembali sebagai capres di pilpres 2019,” kata Oskar dalam keterangannya, Minggu (06/05/2018).

Lebih lanjut Oskar menjelaskan bahwa dari 2.180 responden, hanya 19,5 persen saja menyatakan janji Jokowi – JK dipenuhi. Sedangkan 68,2 persen menyatakan Jokowi tidak menepati janji. Sisanya 12,3 persen responden tidak menjawab.

Oskar mengatakan bahwa dalam survei ini, pihaknya juga menguji tokoh-tokoh nasional dan Jokowi sebagai bakal calon presiden pada pilpres 2019. Salah satu pertanyaan yang diajukan, dengan adanya hastag #GantiPresiden2019 yang akhir-akhir ini ramai di media sosial.

Baca juga : Survey INES Menyebut Elektabilitas Jokowi Rendah, Perindo : “Agak Lain Ya”

Menurut dia, 67,3 persen responden menginginkan presiden baru pada 2019. Sementara 21,3 persen menginginkan kepemimpinan sekarang dilanjutkan. Sisanya atau 11,4 persen responden menjawab tidak tahu.

Penelitikan ini digelar INES pada tanggal 12-28 April 2018 di 33 provinsi Indonesia, dengan melibatkan 2180 responden. Adapun margin of error kurang lebih 2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Penelitian ini menggunakan instrumen data berupa angket yang bersifat terbuka dan tertutup. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner yang sebelumnya sudah dirumuskan oleh para peneliti.
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

KPK Rampungkan Berkas Perkara Penyidikan Bupati Purbalingga Nonaktif

KPK Rampungkan Berkas Perkara Penyidikan Bupati Purbalingga Nonaktif

Jakarta – KPK merampungkan berkas perkara penyidikan Bupati Purbalingga nonaktif, Tasdi. Dengan rampungnya berkas perkara ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135