Jakarta – Hasil UN jenjang tingkat SMU dan SMK tahun ini sudah diumumkan. Karena dinilai mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan ujian perbaikan.

Siswa Yang Nilainya Jeblok Bisa Ikuti UN Perbaikan di Bulan Juli

Bambang Suryadi selaku Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) mengungkapkan bahwa UN Perbaikan akan digelar pada Juli mendatang. Sehingga, para siswa tidak perlu berputus asa berlarut-larut jika nilainya kurang memuaskan.

Saat ditemui di kantor Kemendikbud kemarin Selasa, dirinya mengungkapkan bahwa “Ada Ujian Nasional atau UN Perbaikan pada bulan Juli. Boleh diikuti jika dirasa nilai masih di bawah standar,”

UN Perbaikan tidak hanya digelar bagi siswa yang nilainya di bawah standar yaitu 55. Tetapi, bisa juga untuk siswa yang ingin mencapai nilai lebih baik untuk masuk perguruan tinggi pilihan.

“Seandainya sudah lebih dari standar (nilai di atas 55) itu tapi ingin jadi pembelajar sepanjang hayat tuntunan perguruan tinggi seperti Akmil, Akpol, kami akan sediakan semua untuk melakukan perbaikan berapa pun nilainya,” tuturnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)