Home > Gaya Hidup > Tips > Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa kesehatan seseorang. Tak melulu harus melakukan medical check-up di rumah sakit. Bahkan tangan Anda sendiri bisa menjadi indikator kesehatan.

Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Bentuk, fungsi, dan penampilan tangan dapat menginformasikan bila ada sesuatu yang tidak bekerja dengan baik. Malah terkadang ada petunjuk prognostik dan diagnostik yang penting dari tangan. Melansir Health, Rabu (16/5/2018) inilah beberapa kondisi kesehatan yang dapat dilihat dari tangan.

Genggaman tangan lemah
Kekuatan genggaman tangan terkadang menjelaskan pribadi seseorang. Namun jabat tangan lemah bisa menjadi tanda kesehatan yang memburuk. Menurut ulasan pada 2016 di International Journal of Cardiology, kekuatan cengkeraman yang menurun ditambah dengan gaya berjalan lambat dapat menandakan risiko kematian yang lebih tinggi karena penyakit jantung. Sebuah penelitian terbaru menyatakan jabat tangan yang lebih kuat bisa menjadi pertanda fungsi dan struktur jantung yang sehat.

Timbul benjolan merah atau lecet
Alergi nikel terkadang menimbulkan ruam merah di tangan atau pergelangan tangan. Kadang-kadang ruam itu menjadi melepuh dan berdarah. Alergi nikel dapat disebabkan oleh beberapa benda yang menyentuh tangan seperti gelang, jam tangan, cincin, dan bahkan ponsel. Makanan seperti kacang, cokelat, kacang tanah, kedelai, oatmeal, dan granola juga mengandung nikel yang cukup tinggi.

Mati rasa atau geli
Kesemutan pada tangan sering terjadi ketika pergelangan tangan ditekuk terlalu lama. Gerakan ini menekan saraf median sehingga membuat tangan menjadi mati rasa. Tapi ada banyak alasan lain untuk mati rasa dan kesemutan. Misalnya, mengalami hiperventilasi karena merasa cemas. Mati rasa juga bisa menjadi penanda stroke.

Trigger finger
Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk menggerakkan jari? Kondisi ini dikenal dengan istilah trigger dan lebih sering terjadi pada perempuan. Trigger yang terkadang terjadi pada jari manis atau jempol disebabkan karena tendon meradang sehingga sulit untuk bergerak. Pemicunya bisa karena radang sendi, penyakit tiroid, dan diabetes.

Timbul benjolan merah yang dipenuhi nanah
Ruam merah yang terjadi di tangan bukan hanya disebabkan oleh alergi tapi bisa juga karena psoriasis. Psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan kerak berwarna merah pada permukaan kulit dan dapat muncul di tangan atau kuku. Kerak itu perlahan bisa menjadi benjolan merah yang dipenuhi nanah. Psoriasis berkaitan dengan banyak penyakit seperti arthritis dan penyakit kardiovaskular.

Jari berwarna putih, biru, atau merah
Jika jari berwarna pucat dan kemudian berubah menjadi biru, ungu, atau hitam di saat udara dingin atau pikiran sedang stres, bisa jadi Anda memiliki Raynaud’s. Kondisi ini menyebabkan hilangnya aliran darah ke jari atau jari kaki untuk sementara. Raynaud’s dapat membuat jari menjadi mati rasa, dingin, atau timbul rasa nyeri. Saat darah sudah mengalir kembali, jari akan berwarna merah lagi.

Tremor
Pernahkah Anda mengalami guncangan pada tangan atau dikenal dengan istilah tremor? Jika iya, kondisi itu bisa menjadi tanda penyakit neurologis. Tremor bisa terjadi karena kurang tidur, terlalu banyak minum kopi, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau berhenti mengonsumsi alkohol. Tremor terbagi menjadi beberapa macam di antaranya tremor fisiologis dan tremor esensial. Tremor juga bisa menyebabkan penyakit Parkinson.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Persiapkan Beberapa Hal Ini saat Berlibur dengan Anak

Persiapkan Beberapa Hal Ini saat Berlibur dengan Anak

Jakarta – Berlibur bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan. Namun tidak bagi sebagian orang yang ...