Jakarta – Banyaknya pihak yang menilai bahwa sosok Ma’ruf Amin yang dipilih Jokowi tak memiliki kemampuan mumpuni dalam bidang ekonomi, kali ini dijawab oleh elit PDIP.

Sekjen PDIP Sindir Program OK OCE Sandiaga

Hasto Kristiyanto selaku Sekjen PDIP mengatakan bahwa Ma’ruf memiliki pengalaman yang cukup luas di bidang politik maupun ekonomi. Ma’ruf pernah menjadi anggota DPR dan menjabat Ketua Komisi VI.

Saat ditemui di bilangan Menteng, dirinya berkata bahwa “Kiai Ma’ruf sudah menjadi anggota DPR, Ketua Komisi VI. Artinya memimpin kebijakan industri, BUMN, perdagangan, sehingga itulah sesuatu yang belum dilihat dengan baik tentang KH Ma’ruf. Beliau sangat memahami aspek-aspek ekonomi,”

“Kalau Sandi ekonomi korporasi. Pat gulipatnya dia tahu lah, gimana kekayaannya bisa naik secara drastis, dia tahu. Tetapi bagaimana tentang keumatan, tentang keadilan, itu Ma’ruf jauh lebih unggul daripada Sandi,” jelasnya.

Selain itu menurutnya Ma’ruf sangat paham dengan berbagai program keumatan dan merupakan sosok yang diterima secara luas oleh berbagai kalangan. Tampilan sederhana Ketua Umum MUI itu juga dinilai dapat menjadi nilai plus.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)