Jakarta – Karena peringatan G30S, kali ini foto ziarah Wakil Ketua DPR Fadli Zon ke makam Karl Marx kembali menjadi perbincangan banyak pihak.

Foto Fadli Zon Membawa Bunga Ke Makam Karl Marx Kembali Diungkit

Mengenai hal ini, Fadli Zon sendiri membahasnya melalui twitter dimana dirinya berkata bahwa “Memang pernah ziarah me makam Karl Marx, Lenin, Mao, bahkan ke rumah kelahiran Stalin. Saya baca buku-buku mereka karena S1 saya studi Rusia. Tapi saya #antikomunis,”

Jika kembali ditelisik, sejatinya foto tersebut sudah beredar sejak 2014 lalu. Mengenai hal ini pula dirinya menegaskan ziarahnya bukan berarti ia kagum dengan pencetus paham Marxisme tersebut.

“Kalau saya ziarah nggak harus kagum. Saya malah banyak mengkritisi. Karena teori-teori dia banyak yang gagal. Jadi cuma ziarah saja buat pengetahuan. Hobi itu,” kata Fadli.

“Saya ini hobinya ziarah, ziarah ke semua tokoh-tokoh bangsa dari kiri ke kanan. Nabi-nabi semua saya ziarahin. Jadi saya sudah ziarahin Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim, Nabi Yakub, termasuk saya menziarahi Bethoven, Karl Marx, Lenin,” imbuh Fadli.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)