Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengakui dirinya memang memiliki aset berupa lahan dan tambang batu bara. Namun itu ia dapatkan sebelum menjabat sebagai Menteri.

Luhut Binsar Panjaitan Akui Punya Lahan dan Tambang Batu Bara

“Kemudian menyangkut pribadi saya sendiri, kepemilikan lahan, saya betul punya tambang batu bara. Ini kan saya dulu pengusaha. Semua yang saya dapat itu sebelum saya jadi menteri. Selama saya menteri, saya tidak punya satu bisnis lagi,” ujar Luhut di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Menurut Luhut, Presiden Jokowi telah memberikan teladan yang bagus kepada bawahannya untuk melepas bisnisnya bila telah menjabat di pemerintahan.

“Anda boleh cek, kalau ada (bisnis baru), kau ambil itu. Tidak ada. Jadi saya melihat presiden tidak ada bisnis, memberi contoh, teladan yang bagus, ya saya nggak berani juga, nggak mau juga. Itu saya bilang bertentangan dengan nurani saya,” kata Luhut.

Karena itu, ia meminta kepada semua pihak untuk tidak menyebarkan berita atau informasi yang tidak benar.

“Jadi saya pikir kita harus belajar gentle, jangan kita membunuh karakter orang dengan informasi-informasi yang tidak benar. Dan buat kalian yang muda-muda, itu menurut saya tidak mendidik,” tegasnya.

“Para pemimpin ini jangan bicara hoax lah, jangan kita beri rakyat kita itu berita-berita bohong. Jadi orang itu jangan ‘oh ini salah’, jangan gitu. Kalau ada keliru sedikit oke, tapi kalau membuat satu berita yang kontradiksi, ya nggak benar. Saya ulangi, tidak benar,” tutur Luhut.

“Jadi saya titip betul para pemimpin kita itu, dan media juga, saya mohon, ayo, kalau kita mau bangun negara ini bagus, kita harus jujur, harus ksatria. Katakan iya, kalau iya. Kalau tidak, katakan tidak. Tidak elok menurut saya,” tambahnya.

Seperti diketahui sebelumnya, juru bicara BPN Andre Rosiade, menyinggung soal kepemilikan HGU (hak guna usaha) dari Luhut. Hal ini menanggapi soal pro kontra kepemilikan lahan ratusan ribu hektar yang dimiliki Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

“Kenapa kita nggak ributin deh berapa misalnya Luhut punya HGU berapa. Pak Prabowo ini bukan pejabat negara loh. Tanya dong, Pak luhut HGU-nya berapa. Pak Luhut Binsar Panjaitan berapa HGU-nya? Sebagai menteri Pak Jokowi, berapa HGU Pak Luhut itu. Kan bisa juga kita bertanya balik kan,” kata Andre Rosiade kepada wartawan, Selasa (19/2/2019).

“Atau pejabat-pejabat lain, berapa HGU-nya? Kenapa tanya ke Pak Prabowo yang bukan pejabat negara? Dia memang backgroundnya pengusaha kan, kok diributkan,” lanjutnya.
(samsularifin – harianindo.com)