Jakarta – Di negara tropis seperti Indonesia ini, AC (air conditioner) atau pendingin ruangan mungkin sudah menjadi kebutuhan utama, khususnya di daerah perkotaan yang suhunya memang lumayan panas.

Tips Merawat dan Menggunakan AC Agar Tetap Awet

Namun demikian, seperti halnya barang elektronika yang lainnya, AC biasanya akan mulai rewel bila telah memasuki masa pemakaian 2-4 tahun. Sebenarnya, jika Anda mampu merawat dan menggunakannya dengan benar, sebuah AC dapat bertahan hingga 10 tahun lebih.

Lantas bagaimana cara merawat dan menggunakan AC dengan benar?

Gunakan Timer
Gunakan fitur timer saat menyalakan AC sehingga akan mati secara otomatis tepat pada waktunya. Setel waktu sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya AC dinyalakan maksimal selama 5 jam dalam satu kali pemakaian. Setelah itu biarkan mesin dingin kembali. Fitur timer juga menjaga mesin AC tidak cepat rusak.

Jangan Sering Gunakan Suhu Terlalu Dingin
Sebaiknya jangan sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Ini akan membuat mesin AC cepat panas. Selain itu, suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim Indonesia.

Bersihkan Filter AC
Bersihkan filter AC secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Jika sudah terlampau kotor Anda dapat mengganti filter baru. Debu yang menumpuk pada filter akan menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu. Akibatnya AC akan cepat rusak.

Bersihkan Kumparan AC
Selain filter, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya sebab debu juga kerap menumpuk pada bagian ini. Debu yang menumpuk pada kumparan dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Ini dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan korslet. Periksa kumparan secara rutin setiap tahun dan bersihkan.

Periksa Thermostat
Periksa selalu thermostat (pengatur suhu) untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruang tetap stabil. Atur thermostat dengan temperatur yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang/kegiatan. Atau, jika benar-benar tak ada orang di rumah, sebaiknya matikan AC.

Servis Secara Berkala
Lakukan servis secara berkala. Anda bisa menggunakan jasa layanan perbaikan AC untuk memeriksa kelayakan. Umumnya produsen AC menyediakan layanan servis untuk membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil, dan mencegah kerusakan besar pada AC.
(samsul arifin – harianindo.com)