Jakarta – Rumor yang beredar sejak kemarin salah satunya salah satunya menargetkan aparat keamanan, khususnya Korps Brigade Mobil (Brimob), yang sedang berjaga di sejumlah titik di Ibu Kota Jakarta. Pengungkapanpun tak tanggung-tanggung dengan adanya narasi penggunan personil Brimob asing.

Beredar Hoaks Brimob Dari China Amankan Aksi 22 Mei, Cek Faktanya

Akun Facebook bernama Ahpg adalah salah satu yang menuding bahwa ada aparat dari China yang diterjunkan untuk menjaga aksi.

“Perhatikan ! Waspada !!Aparat yang diterjunkan dari CINA !!!Indonesia jangan sampai kembali di JAJAH !Saudaraku sebangsa setanah air,Saatnya Rakyat Indonesia Harus Bangkit, Bergerak dan Berjuang l. AllohuAkbar..AllohuAkbar..AllohuAkbarMERDEKA ATAU MATI !!”

Sejak diunggah dini hari tadi, postingan ini sudah mendapat tanda suka (like) 1.500 kali, dibagikan 22.000 kali, dan menuai dua komentar.

Akun Facebook yang sama, Ahgp, juga mengunggah postingan senada pada Selasa 22 Mei 2019 pukul 01.00 WIB.

“TENTARA CINA MENYAMAR MENJADI APARAT ?!Silahkan di analisa…Lihat pada bagian mata, kulit dan rambut…Apa kita yakin itu org indonesia?,” demikian narasi yang dimuat dalam postingan yang menyertakan foto seorang yang diduga peserta aksi dengan sejumlah anggota Brimob.”

Postingan itu mendapat 223 tanda suka (like), dibagikan 782 kali, dan mendapat 12 komentar.

Hal ini langsung dikonfirmasi Irjen Pol M Iqbal yang menuturkan bahwa “Banyak foto-foto mendiskreditkan Polri. Ada pasukan dari negeri seberang yang sipit, tidak ada. Kita bantah. Murni bahwa itu personel Brimob, warga negara Indonesia,”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)