Jakarta – Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI jakarta menggandeng petani dan perajin bambu untuk menyediakan besek. Besek merupakan pengganti kresek hitam berbahan dasar plastik saat Iduladha.

“Saya undang perajin besek bahwa Jakarta butuh itu untuk Idul Adha. Itu secara lingkungan ramah dan manfaat, itu berikan manfaat bagi petani bambu dan perajin besek di berbagai wilayah di Indonesia,” kata Anies di Jakarta Utara, Selasa (30/07/2019).

Anies menyatakan telah menyiapkan suplai besek untuk membagikan daging kurban melalui PD Pasar Jaya. Di samping itu, dia juga mengundang petani dan perajin untuk ikut berkontribusi menyiapkan besek tersebut.

“Kalau besek pasti pada pelaku ekonomi mikro kecil. Justru kita malah menggerakkan perekonomian di level bawah,” kata dia.

Andono Warih, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menginormasikan agar panitia Idul Adha di Jakarta tidak menggunakan plastik sekali pakai atau dikenal dengan kresek hitam saat membagikan kurban. Tujuannya, demi meminimalisasi pencemaran lingkungan dan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

“Kami imbau agar panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan, seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan atau bahan ramah lingkungan lainnya yang mudah dijumpai di Jakarta,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/07/2019). (NRY-www.harianindo.com)