Pengisian Bahan Bakar di Udara

Pengisian Bahan Bakar di Udara

Kirgistan – AFP, Jumat (3/5/2013) mengungkapkan bahwa telah terjadi kecelakaan yang menimpa sebuah pesawat pengisi bahan bakar milik AS pada wilayah Kirgistan Jumat (3/5/2013) waktu setempat. Pesawat yang jatuh tersebut merupakan salah satu pesawat pengisi bahan bakar minya di udara yang memiliki basis di pangkalan udara Amerika Serikat Manas.

Dalam pemberitaan AFP pesawat tersebut belum lama meninggalkan pangkalannya. Mengenai kecelakaan itu, pihak Kementrian Gawat Darurat Kirgistan menyampaikan bahwa pesawat nahas tersebut menghunjam bumi dan terbelah menjadi tiga bagian. “Penelitian mengenai korban jiwa dalam kecelakaan tersebut saat ini sedang dilakukan oleh pihak berwenang,” ujar Abdisharip Bekilov selaku Sekretaris Kementerian Penerangan Kirgistan.

Dalam pernyataan resminya, Bekilov mengungkapkan bahwa lokasi jatuhnya pesawat tersebut adalah pada daerah pegunungan di wilayah desa Chaldybar yang memiliki jarak sekitar 200 km dari pusat pemerintahan Kirgistan, Biskhek. Lokasi jatuhnya pesawat tersebut juga berada tidak jauh dari perbatasan antara Kirgistan dengan Kazakstan.

Disisi lain, pihak pangkalan udara Amerika Serikat sementara ini masih belum melakukan konfirmasi mengenai kejadian tersebut. Juru bicara pangkalan Manas juga mengungkapkan bahwa hingga kini, mereka masih melakukan pengecekan di lokasi kejadian. Pihak Kementerian Transportasi dan Komunikasi Kirgistan melalui Sekretaris Media mereka yakni Kylychbek Dosumbetov mengungkapkan bahwa pesawat nahas tersebut lepas landas pada sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Patut diketahui, pesawat pengisi bahan bakar yang mengalami musibah tersebut termasuk dalam jenis KC-135 Stratotanker. (Choirul Anam – www.harianindo.com)