Edward Snowden

Edward Snowden

Moskow – Vladimir Putin, Presiden Rusia menyatakan bahwa mantan agen intelijen Amerika Serikat yakni Edward Snowden tidak akan bisa berada di tangan Amerika selama pria tersebut mendapatkan perlindungan politik dari Rusia. Sebagaimana yang kita ketahui, Edward Snowden merupakan salah satu mantan angota CIA yang kemudian membocorkan beberapa rahasia intelijen AS. Salah satunya adalah terkait dengan penyadapan yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

Oleh karena tindakannya itulah, maka saat ini Snowden manjadi orang yang dicari oleh pihak Pemerintah Amerika Serikat. Bahkan, Amerika menyatakan bahwa mereka tidak segan-segan untuk memberikan respon keras terhadap pihak tertentu yang memberikan perlindungan bagi Snowden. Walaupun demikian, Presiden Rusia kelihatannya tidak gentar dengan ancaman Amerika tersebut.

“Aku sebetulnya sama sekali tidak bisa memahami Snowden. Dia telah mengambil keputusan yang mempersulit dirinya sendiri,” tutur Putin sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (5/9/2013).

“Walapun demikian, aku menegaskan bahwa Rusia tidak akan menyerahkannya ke pihak Amerika Serikat. Dia berada dalam perlindungan kami saat ini,” pungkas Putin. (Rani Soraya – www.harianindo.com)