Mendikbud Siapkan Peningkatan Sistem Security di Museum GajahJakarta – Museum Nasional atau yang lebih dikenal dengan Museum Gajah yang bertempat di Jl Medan Merdeka, tengah ditengok oleh M Nuh selaku Mendikbud. Pada kesempatan tersebut Nuh meninjau lokasi di lantai dua yang telah kecurian beberapa lempengan emas.

Tepatnya sekitar pukul 10.30 WIB, Nuh datang ke museum untuk menyampaikan bahwa hilangnya koleksi emas pada jaman peninggalan Mataram kuno dan Majapahit ini semuanya telah dibahas dalam kementerian yang dinaunginnya.

Kepada wartawan harianindo, Jumat (13/9/2013), Nuh mengungkapkan bahwa kedatangannya kesini untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Bahkan ia menyesalkan koleksi emas abad 10 dan 11 tersebut telah hilang. Tidak hanya sekedar nilainya saja, namun juga kandungan sejarah didalamnya.

Nuh juga menyarankan beberapa hal agar pencurian tersebut tidak terulang kembali, disamping untuk menyelamatkan aset Negara yang cukup berharga. Sehingga untuk mencegah terulangnya pencurian tersebut, maka pihaknya akan menduplikasikannya.

Sehingga nantinya yang dipamerkan hanyalah duplikasinya saja. Selain itu system security yang ada di Museum Gajah juga agar ditingkatkan. Dimana sehingga setiap tempat dapat terekam gerak-geriknya dan jika ada sesuatu yang mencurigakan dapat terdeteksi.

Terkait pencurian tersebut, Nuh juga menjelaskan akan melakukan beberapa perbaikan secepat mungkin. Sehingga system security akan di upgrade dan dananya berasal dari anggaran 2014. (Rani Soraya – www.harianindo.com)