Home > Gaya Hidup > Bagus Mana Sabun Batang dan Sabun Cair Untuk Kesehatan Kulit?

Bagus Mana Sabun Batang dan Sabun Cair Untuk Kesehatan Kulit?

Bagus Mana Sabun Batang dan Sabun Cair Untuk Kesehatan Kulit?Jakarta – Bagus Mana Sabun Batang dan Sabun Cair Untuk Kesehatan Kulit? Industri sabun adalah salah satu perusahaan dengan keuntungan terbesar di duna. Itulah mengapa semakin banyak varian sabun yang dapat kita temukan. Kebanyakan yang menimbulkan dilema adalah mana yang lebih baik antara sabun batang dan sabun cair untuk kesehatan kulit.

Seorang dokter kulit dari New York, Dr. Jenifer Chwalek mengatakan “Selalu banyak kebingungan apakah suatu produk lebih unggul dari yang lainnya. Sebenarnya hal tersebut berdasarkan pada zat pembersih yang terkandung di dalamnya,”

Dilansir laman TabloidNova kebanyakan kabar yang beredar menyatakan bahwa sabun batangan memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Karena pad proses pembuatan sabun umumnya menggunakan produk alkali yang dapat menyebabkan kekeringan kulit.

Dr. Chwalek juga mengungkapkan bahwa di pasaran begitu banyak sabun pembersih yang menjual aroma wewangian tahan lama tapi justru malah menghilangkan minyak alami pada tubuh. Sesungguhnya tidak semua sabun batangan pasti menyebabkan masalah kekeringan kulit. Karena masih ada sabun batangan yang memformulasikan bahan tambahan seperti moisturizer yang berfungsi melembutkan kulit.

sebaiknya pilih sabun yang mengandung bahan surfactant lebih ringan. Dalam masyarakat juga sempat beredar anggapan bahwa sabun lebih banyak busa dianggap lebih membersihkan badan secara lebih maksimal. Kenyataannya anggapan tersebut belum tentu benar, karena banyaknya bahan triclosan untuk sabun tidak menjamin seberapa bersih sabun tersebut bekerja.

Menurut sebuah lembaga kesehatan di Amerika, kekurangan utama sabun cair adalah karena pemberian ekstrak wewangian yang sebenarnya berisiko memicu iritasi kulit.

“Hindari tambahan wewangian berlebih pada sabun yang bisa mengembangkan alergi terhadap ekstrak tanaman tertentu dan zat wewangian. Selain itu juga berdampak rasa gatal dan kemerahan,” imbuh Dr, Chwalek.

Untuk menyimpulkan mana yang lebih baik antara sabun batang dan  sabun cair ada beberapa pertimbangan.

“Tergantung keinginan dan sensitivitas kulit. Rumus ideal sederhana adalah mencoba beberapa sabun rekomendasi yang terbaik dari kedua jenis baik sabun batangan atau sabun cair berulang-ulang secara terpisah dan lihat dampaknya bagi kulit Anda. Pastikan memberi jarak saat waktu pemakaian,” tutup Chwalek. (Nailah Azka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ini Sepatu Nike Seharga Rp 2 Juta Yang Dikenakan Jokowi

Ini Sepatu Nike Seharga Rp 2 Juta Yang Dikenakan Jokowi

Jakarta – Netizen dibuat kagum dengan penampilan beda dari Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ...