Apple Dihapus Dari Label Gratis Di App Store



28/11/2014

Apple Dihapus Dari Label Gratis Di App StoreJakarta – Apple dihapus dari label “gratis’ di App Store. Toko aplikasi itu kini tidak lagi menyediakan aplikasi gratis. Apakah ini bermakna bahwa semua aplikasi di App Store akan menjadi berbayar? Ternyata tidak! Penghapusan label “gratis” itu diikuti dengan kelahiran label “get”. Seperti apakah itu?

Pengubahan label ini ditengarai sebagai cara yang licik agar terlepas dari jeratan hukum di Negara Eropa. Komisi perdagangan di Eropa meminta Apple untuk tidak menawarkan game gratis di dalamnya yang sebenarnya miliki unsur berbayar atau biasa disebut “in-app purchase”.

Game jenis ini biasa disebut dengan istilah freemiumMendownload dan memainkan game tersebut memanglah gratis. Tapi,  pada game tersebut ditawarkan item-item khusus yang bisa diperolehnya dengan uang sungguhan. Perlu untuk diketahui jika “kecelakaan” transaksi biasa terjadi di konsep ini.

Label “free” bisa jadi menjebak para konsumen. Mungkin jika bagi orang dewasa hal itu bisa dengan mudah dimengerti. Akan tetapi bagi anak-anak belum banyak yang tau.  Seperti yang dialami bocah umur lima tahun, yang menghabiskan $66  setelah membeli sejumlah item pada permainan Marvel Run Jump Smash!

Dan pada akhirnya komisi perdagangan Eropa mendesak Apple untuk mengubah aturan pembelian item  juga termasuk sistem pembayaran di App Store pada aplikasi game tersebut.

Google Play Store kini memiliki sistem yang berbeda. Jika terjadi pembelian aplikasi dalam game, maka pengguna wajib untuk mengisi email dan sandi. Jika perangkat dipegang anak, maka kini orang tua tidak perlu khawatir lagi. (Raditya Satya – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery