Ingin Menikmati Soto Lezat Hanya Rp 3000? Kunjungi Bantul, Yogyakarta



6/09/2015

Yogyakarta – Selama ini, Yogyakarta memang akrab sekali dengan imej “surganya makanan murah”. Seringkali, orang dari luar kota merasa terheran-heran dengan harga makanan di Yogyakarta yang sangat murah bila dibandingkan dengan kota-kota besar lainya.
Ingin Menikmati Soto Lezat Hanya Rp 3000? Kunjungi Bantul, Yogyakarta
Dan bila anda sedang berencana untuk bepergian ke Yogyakarta, satu tempat makan murah yang layak untuk dikunjungi adalah Soto Sewu Bu Marto Ngatinah, yang berlokasi di Dusun Rukeman, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Setiap harinya warung soto sederhana tersebut selalu ramai dikunjungi pembeli, karena harganya yang murah. Satu porsi soto ayam hanya dihargai Rp. 3 ribu.
Ingin Menikmati Soto Lezat Hanya Rp 3000? Kunjungi Bantul, Yogyakarta
Soto tersebut dikenal dengan sebutan nama Soto Sewu (soto seribu) karena menggambarkan murahnya hidangan tersebut.

“Dulu memang harganya seribu satu mangkuk, dan harga tersebut berlaku cukup lama. Jadi banyak orang yang mengenal soto ini dengan nama Soto Sewu,” ujar Mbah Marto Ngatinah.

Meskipun harganya sangat murah, rasa dari soto sewu ini tidaklah murahan. Satu porsi soto berisi nasi, kobis, tauge, suiran ayam, daun sledri, bawang goreng, dan disiram kuah soto yang berwarna bening. Rasa soto sewu ini sangat segar, dengan cita rasa rempah yang pas di lidah.

Dalam kuah soto yang selalu dipanaskan dalam wadah besar tersebut terdapat irisan daun loncang dan dan tomat, dimana irisan-irisan tersebut selalu diikutkan dalam satu porsi soto.

Keberadaan tomat dan daun loncang tersebut semakin menambah segar hidangan soto.

Menyantap soto akan semakin nikmat didampingi lauk, seperti tempe goreng, bakwan, tahu isi, kepala ayam. Selain menyediakan soto ayam, warung tersebut juga menyediakan nasi rames.
Ingin Menikmati Soto Lezat Hanya Rp 3000? Kunjungi Bantul, Yogyakarta
Setiap harinya warung soto tersebut buka dari jam 07.00 pagi hingga habis. Biasanya setelah jam makan siang, warung soto tersebut telah tutup.

Saat sarapan dan jam makan siang, pengunjung harus rela antri untuk mendapatkan tempat duduk. Bahkan, banyak pengunjung yang menikmati soto di halaman belakang warung soto tersebut dengan menggunakan tikar yang sudah disediakan.
Ingin Menikmati Soto Lezat Hanya Rp 3000? Kunjungi Bantul, Yogyakarta
Diceritakan Mbah Marto Ngatinah, warung soto tersebut telah ada sejak tahun 1993. Meskipun kini telah berusia 75 tahun, perempuan ini masih cekatan melayani pembeli.

Dito salah satu pengunjung warung Soto Sewu mengatakan, dirinya cukup sering datang ke warung tersebut sejak masih menjadi mahasiswa.

“Dulu saat masih mahasiswa sering makan di sini karena harganya murah dan rasanya enak. Setelah lulus pun masih cukup sering menyempatkan mampir ke sini,” ujar salah seorang karyawan swasta tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser
advertisement

Photo Gallery