Home > Teknologi > Sains > Cekungan di Mars Ini Dikabarkan Ada Kehidupan Asing

Cekungan di Mars Ini Dikabarkan Ada Kehidupan Asing

California – Planet Mars memang tidak ada habisnya bila diteliti. Yang terbaru, para peneliti mendapati cekungan aneh mirip corong di sana. Kabarnya, corong tersebut sebagai elemen kunci bagi kehidupan. Nah, cekungan yang disebut hellas itu diprediksi terbentuk oleh gunung berapi di bawah gletser.

Cekungan di Mars Ini Dikabarkan Ada Kehidupan Asing

Namun, sekarang para peneliti melakukan analisis mendalam menggunakan gambar strereoscopic dan model elevasi digital. Investigasi terbaru menunjukkan cekungan memang memiliki banyak tanda asal vulkanik yang mirip dengan ‘kawah es’ di Bumi dan artinya bisa menciptakan lingkungan yang cukup hangat untuk menampung zat cair serta nutrisi kimia.

Cekungan berbentuk corong ditemukan di dalam sebuah kawah di tepi cekungan hellas, dan dikelilingi oleh cekungan glasial kuno. Peneliti juga mencatat cekungan lain di wilayah Galaxias Fossae dengan penampilan yang sama.

Para peneliti juga mencatat cekungan lain di wilayah Galaxias Fossae dengan penampilan yang sama. “Bentang alam ini tertangkap mata kita karena mereka terlihat aneh. Mereka mengalami retak konsentris, sehingga mereka terlihat seperti sasaran. Itu bisa menjadi pola yang sangat diagnostik yang Anda lihat di bahan Bumi,” jelas Levy sebagaimana diberitakan Daily Mail pada Minggu (13/11/2016).

Baca juga: Wow, Planet HD 189733b Dikabarkan Mirip dengan Bumi

Dalam studi tersebut, peneliti menciptakan model elevasi digital menggunakan sepasang gambar beresolusi tinggi, yang memungkinkan merek untuk menganalisis bentuk 3D dan struktur cekungan. Dengan melakukan hal ini bisa memberikan gambaran yang lebih jelas apakah fitur memiliki asal-asul gunung berapi atau terbentuk dari dampak tertentu.

Melalui analisis ini, para peneliti menemukan kedua cekungan yang berbentuk corong tumbuh jauh lebih sempit dengan meningkatnya kedalaman. Studi mengungkapkan dua cekungan ini mungkin terbentuk dengan cara yang berbeda.

x

Check Also

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Jakarta – Perdebatan antara Tuhan dan ilmu pengetahuan seharusnya tidak perlu lagi karena mereka berjalan ...