Home > Teknologi > Sains > Cyclone Global Navigation Satellite System Bakal Segera Mengorbit

Cyclone Global Navigation Satellite System Bakal Segera Mengorbit

Washington – NASA kini sedang mengatur peluncuran satelit baru. Satelit tersebut bernama Cyclone Global Navigation Satellite System (CYGNSS). Rencananya, peluncuran bakal dilakukan pada 12 Desember 2016.

Cyclone Global Navigation Satellite System Bakal Segera Mengorbit

CYGNSS merupakan satelit pemantau badai dengan bobot yang cukup ringan yakni 29 kg. Oleh karena itu, ia dinamai mikro satelite karena ukurannya tergolong ringan.

Sebagaimana diberitakan Space pada Sabtu (12/11/2016), CYGNSS akan memiliki misi untuk memantau perkembangan angin ribut dan juga angin topan yang ada di Bumi. Setelah mengorbit satelit ini akan memberikan informasi lokasi setiap harinya untuk memantau perkembangan dalam setiap beberapa jam.

“Kami melakukan sains dengan pesawat ruang angkasa yang dapat secara literal duduk di bangku Anda,” tutur John Scherrer Project Manager CYGNSS.

Berdasarkan penuturan Scherrer, NASA akan meluncurkan sembilan mikro satelit untuk memantau keberadaan badai tropis dengan mengirimkan informasi setiap 90 menit.

CYGNSS akan mengirimkan sinyal yang dirilis melalui perangkat GPS sesaat setelah satelit diluncurkan. Sinyal yang terpantul di perairan akan mengukur besaran ombak di lautan yang dihasilkan oleh angin pada permukaannya.

Baca juga: Satelit Pengamatan Cuaca dan Bencana Milik Tiongkok Segera Diluncurkan

Ketika mikro satelit diluncurkan, Pegasus, akan dijatuhkan dari sebuah pesawat L-1011 di ketinggian 40.000 kaki, di mana ia akan menunggu 5 detik sebelum mesin roket menyala. Sepuluh menit kemudian satelit akan mulai bekerja untuk mengirimkan data ke stasiun bumi di Hawaii, Chili, dan Australia. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Jakarta – Perdebatan antara Tuhan dan ilmu pengetahuan seharusnya tidak perlu lagi karena mereka berjalan ...