Home > Teknologi > Internet > Ternyata Begini Cara Membuat Foto 360 Derajat di Facebook, Coba Yuk

Ternyata Begini Cara Membuat Foto 360 Derajat di Facebook, Coba Yuk

Jakarta – Sejatinya, Facebook telah memperkenalkan fitur foto 360 derajat sejak Juni 2016 lalu. Namun, hingga saat ini, belum tentu semua pengguna mengetahui cara mengunggah atau membuat foto dengan format seperti itu di aplikasi Facebook.

Ternyata Begini Cara Membuat Foto 360 Derajat di Facebook, Coba Yuk

Foto 360 Derajat

Menariknya, cara membuat foto 360 derajat di Facebook sangatlah mudah. Bahkan, pengguna tak perlu memiliki kamera khusus untuk membuat konten yang hendak dibagi ke Facebook.

Caranya, pengguna hanya perlu mengunggah foto panorama ke Facebook. Sistem nantinya akan secara otomatis mengubah foto tersebut ke tampilan 360 derajat. Cara unggahnya pun sama seperti biasa.

Pengguna tinggal memilih “Update Status” atau tab “Photo”, pilih foto panorama, tulis caption, lalu pilih lokasi atau tag teman jika diinginkan, kemudian tinggal tekan tombol “Post”.

Namun, jika memiliki kamera berformat 360, tetap bisa digunakan untuk membuat foto semacam itu. Beberapa kamera yang sudah memiliki kemampuan itu, seperti Ricoh Theta S, Samsung Gear 360, dan LG Cam 360.

Sebelum Anda mengunggah, foto yang bisa dijadikan format 360 derajat biasanya dilengkapi dengan logo bulat di bagian kanan bawah (logo seperti gambar di atas).

Untuk mengambil panorama, pengguna bisa langsung memanfaatkan kamera dan software bawaan yang ada di smartphone dan tablet.

Kebanyakan smartphone ber-OS Android saat ini memang sudah menyertakan fitur foto panorama. iPhone berbasis iOS 9 juga sudah dilengkapi fitur tersebut.

Apabila tidak memiliki fitur tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi panorama atau 360 derajat yang tersedia. Beberapa di antaranya seperti Street View, Google Camera, Cardboard Camera, atau Theta S.

Anda juga bisa “menjahit” foto menjadi panorama menggunakan aplikasi seperti PTGui.

Satu hal yang harus diingat, Facebook mengungkapkan bahwa fitur ini akan bekerja dengan foto yang dijepret dengan sudut hingga 100 derajat atau lebih.

Dengan demikian, jika tidak ingin mengambil foto landscape secara keseluruhan, Anda perlu melakukan percobaan untuk mengetahui ukuran 100 derajat yang sebenarnya.

Sementara itu, pengguna bisa menikmati konten 360 derajat via smartphone, PC, maupun headset realitas virtual alias virtual reality (VR).

Di smartphone, pengguna cukup menggoyang perangkat ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Foto akan menampilkan keseluruhan perspektif. Jika ingin menikmati via PC, pengguna memerlukan kursor untuk menggulir layar ke berbagai sudut pandang.

Pengalaman paling memukau diakomodir oleh perangkat VR. Pengguna cukup mengarahkan kepala ke berbagai arah, sesuai perspektif yang ingin dilihat.

Baca juga: Wow, Kini WhatsApp Bisa Gunakan Fitur Video Call

Foto atau video berformat 360 derajat sendiri memang sedang ngetren belakangan ini. Bahkan, Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71 disiarkan menggunakan format tersebut via YouTube. Selamat mencoba. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Masih Berstatus Pelajar SMA, Gadis Berhijab Ini Bisa Hasilkan Uang Dari Medsos

Masih Berstatus Pelajar SMA, Gadis Berhijab Ini Bisa Hasilkan Uang Dari Medsos

Jakarta – Seorang gadis yang bernama Feby kini memiliki banyak fans. Hal tersebut berkat video ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis