Amsterdam – Zaman modern ini, hampir tidak ada yang mustahil. Salah satunya adalah mobil yang bisa terbang. Zaman dahulu, mobil yang bisa terbang dianggap sesuatu yang mustahil. Namun, baru-baru ini, telah diproduksi mobil yang memang bisa diterbangkan yang bernama girokopter.

Mobil Terbang Ini Dijual Dengan Harga Yang Sangat Fantastis

Mobil Terbang (Gyrocopter)

Girokopter tersebut diproduksi oleh perusahaan asal Belanda yang bernama PAL-V. Bahkan dikabarkan bahwa pemesanan sudah bisa dilakukan. Akan tetapi, pembeli baru bisa mendapatkan mobil tersebut pada akhir 2018. Girokopter yang diberi nama Liberty tersebut telah memenuhi standar untuk terbang maupun berjalan di jalanan Eropa dan Amerika Serikat (AS).

“Setelah kerja keras selama bertahun-tahun, menaklukkan tantangan teknis dan kualifikasi, tim kami sukses menciptakan mobil terbang inovatif yang sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan oleh lembaga-lembaga yang membuat kebijakan di seluruh dunia,’’ ujar CEO PAL-V Robert Dingemanse.

PAL-V Liberty sendiri adalah girokopter bermesin ganda. Mesin pertama digunakan untuk terbang, sedangkan lainnya untuk berkendara di darat. Ketika dikendarai di jalan, panjangnya hanya 4 meter dan tinggi 1,7 meter, hampir sama dengan mobil biasa pada umumnya. Namun, ketika terbang panjangnya 6,1 meter dengan tinggi 3,2 meter.

Ketika dikendarai di jalanan, baling-baling Liberty yang terletak di belakang tersembunyi di dalam kendaraan. Sedangkan baling-baling di bagian atas terlipat rapi di atas mobil. Perubahan dari mode darat ke udara tidak membutuhkan waktu yang lama, yakni sekitar 5–10 menit. Pengemudi harus melakukan sedikit usaha untuk membuat Libery terbang.

Tiang untuk baling-baling bagian atas memang naik otomatis. Namun, tidak demikian halnya dengan baling-baling bagian belakang. Pengemudi harus keluar dan menariknya dulu. Begitu siap, pengendara bisa langsung terbang dengan ketinggian maksimal 3.500 meter.

Baca Juga : Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Terendam Banjir

Untuk terbang dan turun, pengendara harus mencari lahan kosong seluas 90–200 meter. Sedangkan untuk harga dari 1 unit PAL-V Liberty edisi Pioneer dibanderol sekitar USD 500–600 ribu (Rp 6,7 miliar – Rp 7,9 miliar). Sedangkan, untuk versi Sport lebih murah, yakni berada di kisaran USD 400 ribu (Rp 5,3 miliar).

(bimbim – harianindo.com)