Home > Ragam Berita > Nasional > Jenderal Tito Ungkap Alasan Polisi Tak Berikan Ijin Acara HTI

Jenderal Tito Ungkap Alasan Polisi Tak Berikan Ijin Acara HTI

Jakarta – Terkait dengan masifnya gerakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang kerap mengusung konsep khilafah, membuat Kapolri Jenderal Tito Karnavian angkat bicara. Tito mengungkapkan bahwa konsep khilafah yang diusung oleh HTI tersebut bertentangan dengan ideologi Indonesia yakni pancasila.

Jenderal Tito Ungkap Alasan Polisi Tak Berikan Ijin Acara HTI

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

“Kalau seandainya itu dilakukan, khilafah ya itu bertentangan dengan ideologi pancasila. Kalau buat ideologi khilafah apa bisa pancasila,” kata Tito di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Agenda HTI beberapa hari terakhir di sejumlah daerah yang ada di Indonesia pun batal digelar. Pasalnya, pihak kepolisian tidak mengeluarkan surat tanda terima pemberitahuan (STTP). Tanpa adanya STTP tersebut, acara yang digelar oleh sekelompok masyarakat itu dianggap tidak berizin sehingga polisi memiliki kewenangan untuk membubarkan acara tersebut.

Agenda HTI yang batal digelar adalah, ketika HTI mengangkat tema ‘khilafah kewajiban syar’i jalan kebangkitan umum’ dan rencananya bakal digelar di Jakarta pada Minggu (23/4/2017) silam. Disamping itu, jenderal bintang empat tersebut menjelaskan alasannya tidak mengeluarkan STTP untuk acara tersebut.

“Kita memang tidak keluarkan izin STTP nya, karena banyak potensi konfliknya, jadi lebih baik kita larang,” ujar Tito.

“Karena banyak ancaman dari berbagai pihak yang tidak suka, yang anti,” ucap dia.

Gerakan HTI tersebut sendiri kerap dilarang oleh sejumlah ormas. Ormas yang melarang di antaranya adalah GP Ansor dan Banser NU. Tito menganggap bahwa HTI bertolak belakang dengan NKRI. Tito juga mengaku telah berkomunikasi dengan Kementerian Koordinator Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) terkait dengan hal tersebut.

Baca Juga : Tak Punya Pekerjaan, Buni Yani Disumbang Rp 23 Juta

“Polisi kan tugasnya untuk mencegah konflik maka janganlah digelar acara itu,” kata Tito.

“Sedang dibicarakan di Polhukam,” pungkas Tito.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPK Selidiki Kemungkinan Pihak Lain Bantu Pelarian Miryam

KPK Selidiki Kemungkinan Pihak Lain Bantu Pelarian Miryam

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan penelusuran untuk mengetahui kemungkinan pihak tertentu membantu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis