Home > Hiburan > Gosip > Simak, Penjelasan Dari Dokter RSCM Terkait Meninggalnya Julia Perez Berikut Ini

Simak, Penjelasan Dari Dokter RSCM Terkait Meninggalnya Julia Perez Berikut Ini

Jakarta – Meninggalnya pedangdut, Julia Perez alias Jupe memang masih menyisakan duka yang amat mendalam di keluarga dan para sahabatnya. Perjuangan panjang pemilik nama asli Yulia Rahmawati tersebut dalam melawan penyakit kanker serviks yang dideritanya telah berakhir.

Simak, Penjelasan Dari Dokter RSCM Terkait Meninggalnya Julia Perez Berikut Ini

Almarhumah Julia Perez

Pelantun Belah Duren tersebut sempat berobat ke Singapura dan selanjutnya mendapat penanganan penyakitnya di RSCM. Almarhumah sempat bertahan lebih dari empat bulan dan bertahan hampir setahun ketika penyakit kankernya dikatakan kambuh. Apa yang terjadi pada Jupe dalam perjalanan penyakit kankernya menjadi pemberitaan dari waktu ke waktu.

Dokter Ari Fahrial Syam MD,PhD, FACP menjelaskan bahwa penyakit kanker sendiri memang penyakit yang sangat mematikan dan seseorang yang telah diobati pun tidak bisa dikatakan sembuh total, namun hanya bisa dikatakan penyakitnya mengalami remisi.

“Artinya, walaupun secara fisik pasien telah sembuh tetap harus kontrol dan telah harus menjaga dirinya dengan gaya hidup sehat, mengosumsi makanan yang sehat, banyak mengosumsi sayur dan buah-buahan serta istirahat cukup, karena sewaktu-waktu bisa saja penyakitnya kambuh,” ujar dokter di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta itu, dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Dokter yang juga menjadi staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu, menjelaskan bahwa penyakit kanker sendiri dibagi empat stadium. Di mana stadium tersebut menunjukkan berat ringannya penyakit kanker yang dialami oleh seseorang.

“Semakin lanjut penyakit ditemukan, penangannya juga akan bertambah sulit dan pasien akan menghadapi angka harapan hidup yang rendah,” terangnya.

Dokter bisa memprediksi angka kelangsungan hidup (survival rate) dalam 1 tahun atau 5 tahun kedepan. Semakin lanjut sakitnya semakin rendah harapan hidupnya. Dokter Ari melanjutkan, pasien yang mengalami relaps setelah mengalami remisi maka akan disebut bahwa kankernya kambuh.

“Mengetahui informasi mengenai harapan hidup menjadi penting untuk diketahui oleh pasien dan keluarga pasien sehingga pasien dan keluarga lebih siap menghadapi kematian.”

Bisa saja dalam satu kurun pengobatan ketika ditemukan masih dini, pasien dinyatakan remisi tetapi karena pasien merasa dirinya benar-benar sudah sembuh mereka tidak memperhatikan kesehatan dan gaya hidupnya akhirnya akan mengalami relaps dan kambuh.

“Pengalaman saya pribadi pada penangangan kasus kanker kolorektal, pasien yang ditemukan pada stadium 1-2 dan diobati bisa bertahan sampai diatas 5 tahun karena gaya hidupnya baik. Sebaliknya bisa saja seseorang yang sudah dinyatakan remisi tetapi tidak memperhatikan gaya hidupnya dalam tempo 1-2 tahun bisa saja kankernya kambuh atau relaps,” terangnya.

Komplikasi akibat berlanjut nya penyakit atau akibat efek penyinaran misalnya bisa menyerang saluran cerna dan saluran kencing. Saluran kencing bisa tertutup tumor atau terdorong jaringan ikat, begitu pula saluran cerna juga bisa tersumbat akibat dorongan tumor tersebut yang bertambah besar.

Tindakan yang dilakukan oleh dokter dalam kasus kanker yang sudah relaps ini bersifat paliatif, artinya dokter mengatasi masalah yang timbul akibat komplikasi tersebut. Misal jika terjadi sumbatan pada saluran kencing, dokter akan melakukan pemasangan stent melewati sumbatan tersebut sehingga pasien bisa BAK.

Begitu pula jika pasien mengalami sumbatan usus dokter akan melakukan pemasangan stent usus atau melakukan operasi untuk membuat lubang di dinding perut agar kotoran bisa keluar. Upaya-upaya yang dilakukan sekali lagi hanya bersifat mengatasi komplikasi yang timbul.

Di satu sisi keluarga dan pasien selalu berharap terjadi kesembuhan dan meminta dokter untuk bekerja seoptimal mungkin walau sebenarnya upaya yang ada juga tidak bisa maksimal karena tindakan yang dilakukan tidak menghilangkan penyebab dari kondisi tersebut misalnya penyakit kanker yang tetap tidak bisa diobati.

Dalam kondisi ini, lanjutnya, memang perlu komunikasi yang baik antara tim dokter dan keluarga sehingga pasien lebih dekat kepada sang pencipta, lebih pasrah dan legowo, menerima cobaan mengalami penyakit kanker lanjut tersebut.

“Kembali pada almarhumah Jupe semangat hidupnya yang tinggi yang tercermin dari instagramnya dan dari berita-berita di media atas informasi dari teman-teman artis dan keluarga dekat yang mendampingi almarhumah akan harapan Jupe untuk sembuh.”

Hal tersebut merupakan sisi positif yang bisa dicontoh pasien lain agar tetap optimis dan tetap semangat dan tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan ketika dirinya sedang divonis menderita kanker, bahkan ketika sudah divonis kanker stadium 4.

“Bimbingan rohani menjadi hal penting yang dapat dilakukan untuk pasien dan keluarga dekat akan hal-hal yang terjadi kemudian.”

Sebaliknya untuk pasien-pasien yang sebenarnya kondisi sakit yang tidak berat, tidak perlu mengalami kesedihan sampai depresi yang tercermin dari bosannya untuk berobat atau kontrol bahkan malas untuk minum obat.

Baca Juga : Tanpa Aming, Evelyn Bakal Jajal Kemampuannya Di Dunia Akting

“Selalu menarik mengambil sisi positif dari meninggalnya Jupe yang pemberitaannya menjadi trending topic sampai saat ini karena di usia yang baru 36 tahun sudah mengalami kanker rahim stadium 4 dan telah meninggalkan kita semua.”

(bimbim – hariando.com)

x

Check Also

Alasan Tora Sudiro Dan Istri Simpan Obat Dumolid

Alasan Tora Sudiro Dan Istri Simpan Obat Dumolid

Jakarta – Tertangkap karena ketahuan memiliki zat psikotropika dumolid, kali ini akhirnya Tora Sudiro dan ...