Jakarta – Seafood atau makanan laut ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan jantung dan otak, namun juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri rheumatoid arthritis (RA), demikian menurut penelitian terbaru di Arthritis Care & Research.

Konsumsi Ikan Bantu Kurangi Nyeri pada Penderita Rheumatoid Arthritis

Makan Ikan

Sebuah penelitian yang melibatkan 176 orang pengidap RA yang diwawancarai seputar asupan makanan mereka selama setahun terakhir. Secara khusus, penulis melihat tanggapam terhadap pertanyaan seberapa sering makan tuna, salmon, ikan sardem, dan ikan lainnya yang disiapkan mentah, dikukus, ataupun dipanggang.

Para ahli yang terlibat juga melihat skor aktivitas penyakit, ukuran untuk memperhitungkan jumlah sendi yang bengkak, serta seberapa parah terjadi peradangan.

Peneliti utama, Dr Sara Tedeschi, yang tergabung dalam asosiasi dokter rheumatologi di Brigham and Women’s Hospital memaparkan, skor aktivitas penyakit rata-rata setengah poin lebih rendah untuk orang yang mengonsumsi ikan dua kali atau lebih dalam seminggu.

Seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (23/6/2017), penelitian itu menunjukkan jika semakin banyak ikan yang dimakan, pasien dapat merasa lebih baik.

Baca juga: Wow, Konsumsi Anggur Dapat Mencegah Kanker Usus Besar

Penelitian ini melibatkan indikator seperti usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, tingkat depresi, status perkawinan, penggunaan obat-obatan, dan konsumsi minyak ikan. (Yayan – harianindo.com)