Home > Gaya Hidup > Tips > Efek Buruk Mengalami Kecemasan Sosial

Efek Buruk Mengalami Kecemasan Sosial

Jakarta – Apakah Anda adalah tipikal orang yang langsung berkeringat dingin saat diminta memperkenalkan diri di depan banyak orang? Apabila iya, kemungkinan Anda mengalami kecemasan sosial.

Efek Buruk Mengalami Kecemasan Sosial

Ilustrasi

Mereka yang memiliki kecemasan sosial cenderung mengalami palpitasi, gemetar, sesak napas, dan berkeringat saat bertemu dengan orang lain. Gangguan tersebut tentunya memengaruhi kegiatan sosialisasi Anda sehari-hari.

Berikut ini beberapa hal yang menunjukkan jika kecemasan sosial membuat kualitas hidup menurun seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (30/7/2017).

1. Tingkat pendidikan rendah

Sebuah studi tahun 2003 yang dipublikasikan dalam Journal of Anxiety Disorders menyebutkan bahwa orang dengan gangguan psikiatrik, terutama phobia sosial, cenderung putus sekolah. Mereka yang memiliki kecemasan sosial mengalami tingkat khawatir, depresi, dan masalah penyesuaian dengan orang-orang di institusi pendidikan.

2. Memiliki sedikit teman

Orang yang memiliki kecemasan sosial memiliki lebih sedikit teman karena mereka takut bertemu dengan orang-orang baru. Oleh karena itu, kebanyakan jenis hubungan sosial yang dialami tak berjalan lancar, termasuk dengan kerabat dan pasangan.

3. Cenderung melajang

Orang dengan kecemasan sosial juga cenderung tak memiliki pasangan hidup. Hal ini dikarenakan mereka memiliki masalah dalam hal pendekatan dan membuat diri pada hal romantis.

4. Cenderung mengalami perceraian

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the European Psychiatric Association menyebutkan bahwa perceraian adalah hal umum bagi mereka yang mengalami kecemasan sosial. Hal ini dikarenakan mereka tergesa-gesa dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan percekcokan. Studi tersebut juga menyebutkan bahwa pasangan yang memiliki kecemasan sosial cenderung tak berpikiran untuk memiliki anak.

5. Sering bolos

Orang cemas sosial lebih sering bolos dalam pekerjaan dibandingkan kebanyakan orang. Mereka juga cenderung keluar dari pekerjaan yang mewajibkan mereka untuk presentasi di depan orang lain.

Baca juga: Berapa Lamakah Waktu Pacaran Ideal Sebelum Menikah ?

6. Gaji lebih rendah

Sebuah penelitian dari American Journal of Psychiatry menemukan bahwa orang yang cemas sosial cenderung memiliki pendapatan 10 persen lebih rendah daripada orang-orang biasa. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemilik Kulit Berminyak Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Pemilik Kulit Berminyak Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Jakarta – Kulit berminyak bukanlah masalah kecil. Terdapat banyak masalah lain yang muncul karena jenis ...