Jakarta – Yusril Ihza Mahendra selaku Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) siap diusung oleh partainya untuk maju menjadi calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Keputusan tersebut sudah dibulatkan oleh kesepakatan seluruh anggota partai.

PBB Siap Usung Yusril Bertarung di Pilpres 2019

Yusril Ihza Mahendra

Hal itu diutarakan secara langsung oleh Ketua DPP PBB Bidang Pemilihan Presiden, Sukmo Harsono. Ia mengatakan bahwa keputusan untuk mengusung sang ketua tersebut sudah final. Hal itu sudah merupkan keputusan Muktamar PBB di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, sejak dua tahun lalu.

“Karena itu kami memastikan PBB mengajukan judicial review ke MK terkait UU Penyelenggaraan Pemilu yang mengatur syarat ambang batas pencalonan presiden, 20-25 persen,” kata Sukmo di Jakarta, Jumat (01/09/2017).

Baca juga : Pengamat Menyebut Yusril Berpeluang Gandeng Jenderal Gatot di Pilpres 2019

Namun jika usaha yang sudah dilakukan lewat Mahkamah Konstitusi (MK) gagal, Sukmo menyatakan bahwa PBB sudah mempersiapkan alternatif lain.

“Persiapan kami ada dua rencana. Ketika MK memutuskan presidential threshold nol persen dan ketika MK menolak gugatan kami. Dua rencana tersebut tetap memastikan Pak Yusril untuk maju baik sebagai capres maupun sebagai calon wapres,” jelasnya.

Menurut Sukmo, PBB bakal menyiapakan Yusril menjadil calon wakil presiden. Namun, terkait akan berpasangan dengan siapa, baru akan diputuskan pada kemudian hari.
(Muspri-harianindo.com)