Home > Ragam Berita > Nasional > Ada Belasan Guru di Pesantren Ini Gabung ISIS

Ada Belasan Guru di Pesantren Ini Gabung ISIS

Bogor – Gaung nama Pesantren Ibnu Masud kembali terdengar pasca insiden pembakaran umbul-umbul merah putih yang dilakukan oleh salah satu oknum guru di sana. Rupanya usut punya usut pondok pesantren (ponpes) ini memiliki sejarah panjang terkait aksi radikalisme dan terorisme.

Ada Belasan Guru di Pesantren Ini Gabung ISIS

Pesantren Ibnu Masud di Bogor

Kini diketahui setidaknya ada sebanyak 18 orang dengan kaitan ke lembaga pendidikan Agama Islam itu telah ditangkap terkait aksi terorisme didalam negeri. Hasil penelusuran lebih lanjut pun menemukan sebanyak 12 orang dari Ibnu Masud yang berangkat Timur Tengah untuk bergabung dengan ISIS sepanjang periode 2013-2016.

Para jihadis dari Ibnu Masud ini terdiri dari enam orang guru dan enam siswa. Salah satu siswa yang berangkat dan bergabung dengan ISIS bernama Haft Saiful Rasul bersama dengan sejumlah kerabat ke Suriah pada tahun 2015 lalu.

Baca juga : Guru di Ponpes Yang Membakar Merah Putih Ditetapkan Sebagai Tersangka

Haft tewas akibat serangan udara setahun kemudian, hanya berselang dua bulan sebelum tanggal ulang tahunnya yang ke 13 tahun. Kabar tersebut juga dikonfirmasi langsung oleh pihak ISIS terkait tewasnya bocah tersebut bersama dengan dua orang warga negara Indonesia yang lainnya di dekat Kota Jarabulus, Suriah.

Pesantren Ibnu Masud awalnya didirikan di Depok, Jawa Barat, pada tahun 2007 silam. Setelah itu beberapa orang petinggi, termasuk sang pendiri yang bernama Amah Abdurrahman, ditangkap dan diadili atas tuduhan terorisme.

Kemudian pada tahun 2010, lokasi pesantren pindah ke kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Sukajaya, Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Pesantren tersebut juga merupakan tempat persembunyian bagi teroris yang sedang diburu aparat kepolisian. Salah satunya adalah pelaku bom Bali Dulmatin yang merupakan salah satu buronan kelas kakap yang pernah singgah di sana.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Astaga, Pria di Bandung Gagahi Putrinya Sendiri

Astaga, Pria di Bandung Gagahi Putrinya Sendiri

Bandung – Mengenaskan, seorang ayah di Bandung mencabuli anak kandung yang masih di bawah umur. ...