Jakarta – Majalah bisnis Forbes kembali membuat daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2017. Dari daftar tersebut sebagian besar diisi oleh kaum Adam. Namun demikian, bukan berarti tidak ada wanita yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Ini Dia Dua Wanita Terkaya di Indonesia Dengan Kekayaan Total Rp 20 Triliun

Di antara nama-nama pengusaha terkenal yang menjadi ‘langganan’ daftar 50 orang terkaya di Indonesia, ada nama Arini Saraswaty Subianto (46). Dia menduduki urutan ke-37 versi majalah Forbes, dan sekaligus menjadi wanita terkaya di Indonesia.

Kekayaan Arini tercatat sebesar USD 820 atau setara dengan Rp 11 triliun. Wanita yang memiliki bisnis utama di bidang pertambangan dan kelapa sawit ini merupakan putri dari pengusaha ternama, Benny Subianto, yang meninggal pada Januari 2017.

Benny sendiri pernah menduduki peringkat ke-33 orang terkaya di Indonesia, dan merupakan salah satu pemegang saham PT Adaro. Arini meneruskan usaha yang dirintis ayahnya.

Lantas siapa wanita terkaya nomor dua setelah Arini?

Dia adalah Kartini Muljadi (87). Ia menduduki peringkat ke-44 orang terkaya di Indonesia, dengan jumlah kekayaan mencapai USD 680 juta atau sekitar Rp 9,2 triliun.

Ini Dia Dua Wanita Terkaya di Indonesia Dengan Kekayaan Total Rp 20 Triliun

Kartini yang merupakan mantan hakim pada tahun 1950-an merupakan pemilik industri farmasi yang salah satu produknya adalah Bodrex dan Hemaviton.

Kini perusahaan tersebut dijalankan oleh sang putra, Handojo Slamet Muljadi. Kartini hanya mengawasi saja jalannya kepemimpinan Handjojo sambil menjalankan bisnis konsultan hukumnya, Kartini Muljadi & Rekan yang didirikannya sejak 2 Juli 1990 lalu.
(samsul arifin – www.harianindo.com)