Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Cara untuk Hindari Ponsel Meledak

Inilah Beberapa Cara untuk Hindari Ponsel Meledak

Jakarta – Pada beberapa pekan ini, kasus ponsel meledak yang menimpa bocah asal Tiongkok menjadi sorotan publik. Bocah tersebut terluka parah akibat ledakan ponsel Hua Tang VT-V59 yang sedang diisi dayanya.

Inilah Beberapa Cara untuk Hindari Ponsel Meledak

ilustrasi

Beberapa ponsel keluaran vendor kenamaan lain pun beberapa kali meledak dan mengakibatkan luka bakar parah bagi korbannya, dan kejadian tersebut tidak hanya menimpa ponsel Hua Tang saja.

Kasus ponsel meledak semacam ini kerap berhubungan pada baterai ponsel. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga orang-orang terdekat kita dari kejadian ponsel meledak?

1. Isi Daya dengan Benar
Pertama, yang paling ideal adalah menggunakan charger yang disediakan oleh vendor ponsel yang Anda miliki.

Jangan lupa untuk melepas kabel saat ponsel selesai diisi. Apabila ponsel kepanasan maka dapat mengakibatkan korslet yang dapat berujuk pada ledakan.

2. Letakkan Ponsel di Tempat yang Aman Ketika Mengisi Daya
Kadang kala orang-orang sering begitu kecanduan dengan ponsel mereka, sampai-sampai ada yang sering menggunakannya di kasur sebelum tidur.

Bahkan, saat mereka tertidur pun, ponselnya malah diletakkan di kasur. Yang berbahaya adalah saat memainkan atau menaruh ponsel di kasur sementara ponsel sedang tersambung kabel untuk mengisi daya.

Pada tahun 2017 silam, seorang ibu hamil terluka saat ponsel Samsung Galaxy S5 miliknya meledak ketika diisi daya di dekat kasurnya. Meski telapak tangan korban terkena luka bakar yang cukup parah, beruntung nyawa sang ibu dan kandungannya selamat.

3. Jangan Sampai Ponsel Panas
Ponsel yang kepanasan juga dapat memicu ledakan. Salah satu cara untuk mengantisipasi hal ini, selain mencegah pengisian daya yang berlebih, adalah melepas lapisan ponsel agar ponsel dapat mendingin.

Hal yang sama dapat Anda lakukan saat bermain gim, apabila ponsel mulai terasa panas, letakkan dulu ponsel Anda agar tidak kepanasan.

4. Hindari Tekanan Pada Ponsel
Ponsel yang terjatuh dapat mengakibatkan kerusakan sehingga mengakibatkan korslet, apalagi bila kualitas baterainya tidak baik. Ternyata selain karena terjatuh, ponsel yang posisinya tergencet karena diduduki juga dapat mengakibatkan baterai menjadi bocor yang berakibatkan ledakan ponsel.

5. Bila Ada Kasus Ponsel yang Anda Beli Meledak, Lebih Baik Ganti yang Baru
Ketika Anda mendengar kabar bahwa ada orang lain yang ponselnya meledak, dan ternyata ponsel yang meledak tersebut adalah ponsel yang satu tipe dengan yang Anda miliki, maka ada baiknya bila langsung mengganti ponsel baru. Keselamatan Anda lebih penting ketimbang uang maupun gadget.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Minum Air Putih Ternyata Bisa Obati Kulit Terbakar Matahari

Wow, Minum Air Putih Ternyata Bisa Obati Kulit Terbakar Matahari

Jakarta – Kulit yang terbakar oleh sinar matahari memang sangat menyiksa. Rasanya seperti memar dan ...