Home > Gaya Hidup > Tips > Cegah Asam Lambung dengan Beberapa Bahan Dapur Ini

Cegah Asam Lambung dengan Beberapa Bahan Dapur Ini

Jakarta – Kondisi di mana asam pencernaan naik dari lambung ke kerongkongan disebut dengan rafluks asam lambung. Ciri yang mudah dikenali dari kondisi ini adalah munculnya sensasi terbakar atara bagian kerongkongan hungga perut. Biasanya hal ini hanya terjadi sesaat, tetapi untuk kondisi kesehatan yang parah, ini dapat berlangsung lama dan berulang.

Cegah Asam Lambung dengan Beberapa Bahan Dapur Ini

Asam Lambung

Banyak beredar dipasaran obat untuk mencegah dan mengatasi kondisi kenaikan asam lambung. Padahal sesungguhnya anda dapat dengan mudah membuat obat Alami yang murah dan mudah dengan beberapa bahan dapur.

Jahe
Jahe sangat populer sebagai obat berbagai macam masalah perut seperti mual, gangguan pencernaan, dan morning sickness. Jahe juga telah terbukti mengandung senyawa yang mirip dengan enzim pencernaan yang kita miliki. Mengkonsumsi jahe yang diseduh, selain dapat mengurangi asam lambung, juga dapat mengatasi refluks asam lambung. Jahe akan mengurangi asam lambung yang naik dan juga merangsang enzim pencernaan kita sehingga kenaikan asam lambung dapat dicegah.

Baking soda
Senyawa berwarna putih, yang telah digunakan sejak zaman Mesir Kuno ini, sangat efektif untuk mengobati asam refluks, karena menetralkan asam lambung berlebih dalam waktu singkat. Cara menggunakan baking spda adalah dengan melarutkan satu sendok teh baking soda ke dalam secangkir air hangat dan minum campuran tersebut perlahan-lahan. Larutan ini menyebabkan sendawa akan keluar bersamaan dengan pelepasan karbon dioksida yang dihasilkan larutan baking soda.

Cuka sari apel
Cuka mengandung asam asetat yang berkhasiat mengurangi keasaman lambung, karena asam asetat jauh lebih lemah daripada asam klorida di lambung maka terjadi kenaikan pH dan mkenetralkan asam lambung. Jika ingin mencoba cuka sari apel, campur dua atau tiga sendok teh ke dalam secangkir air hangat. Beberapa orang melaporkan bahwa minum campuran ini sebelum makan berat benar-benar dapat mencegah refluks asam lambung.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ingin Berat Badan Ideal? Lakukan Beberapa Tip Ini

Ingin Berat Badan Ideal? Lakukan Beberapa Tip Ini

Jakarta – Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan idel. Mereka bakal melakukan segala cara ...