Home > Olahraga > Balap > FIA Setujui Permintaan Pirelli untuk Jalankan Ban yang Telah Dimodifikasi

FIA Setujui Permintaan Pirelli untuk Jalankan Ban yang Telah Dimodifikasi

Paris – Federasi Internasional Automotive (FIA) telah menyetujui permintaan Pirelli untuk menjalankan ban yang telah dimodifikasi. Rencananya ban tersebut akan dipergunakan di Grand Prix (GP) Spanyol, Prancis dan juga Inggris.

FIA Setujui Permintaan Pirelli untuk Jalankan Ban yang Telah Dimodifikasi

Untuk acara tersebut, Pirelli kabarnya akan menggunakan ban dengan tapak yang sedikit lebih tipis dalam upaya untuk memerangi masalah overheating. Hal tersebut telah diuji dengan serangkaian pengujian di Barcelona.

Tapak ban untuk tiga balapan di atas akan lebih tipis sekira 0,4mm, tetapu Pirelli yakin bahwa hal itu tidak akan memengaruhi kinerja ban saat balapan. Selain lebih tipis, ban yang telah dimodifikasi tersebut juga beratnya akan berkurang sekira satu kilogram untuk setiap set-nya.

“Kami membuat permintaan kepada FIA untuk memiliki ketebalan tapak ban yang sedikit berbeda pada tiga balapan di Barcelona, Silverstone dan Paul Richard. Alasan untuk permintaan ini adalah bahwa pada umumnya tarmak baru memiliki banyak cengkraman dan tingkat keausan yang rendah. Tentunya hal ini akan membuat degradasi ban semakin rendah,” ucap Direktur Pirelli, Mario Isola sebagaimana diberitakan Motorsport pada Senin (9/4/2018).

“Dengan banyak genggaman, waktu lap tentu akan meningkat banyak. Kami melihat waktu putaran di Barcelona selama tes pramusim tiga detik lebih cepat dari musim lalu. Tapi intinya adalah kami menyimpan banyak karet pada ban. Karena dengan keausan rendah, kita tidak memakai banyak ban. Itu berarti kami memiliki suhu yang tinggi di dalam komplek balapan tersebut,” lanjutnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rossi Akui Sangat Kesal dengan Ulah Marquez

Rossi Akui Sangat Kesal dengan Ulah Marquez

Rio Hondo – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menunjukkan kekesalannya kala gagal merebut poin ...