Jakarta – Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat kemarin Jumat terlihat mengadakan acara buka bersama. Ratusan warga baik personal maupun perwakilan sejumlah anggota komunitas hadir meramaikan kegiatan yang mengusung tema “Menguatkan Toleransi, Persaudaraan, dan Solidaritas Kemanusiaan” itu.

Putri Gus Dur Sambangi Gereja Katedral Untuk Gelar Buka Bersama

 

Bahkan menurut pantauan di lapangan, hadir pula putri Presiden Keempat RI Abdurahman Wahid, Alissa Wahid.

Banyak pihak yang hadir dalam acara tersebut, dimana salah satunya ialah perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Nahdlatul Ulama (NU).

Dalam acara tersebut, terdapat salah satu agenda dimana berupa pemutaran video anak-anak dari berbagai belahan dunia yang diajarkan membaca dan mengucap Pancasila.

Usai pemutaran video, Pastor Gereja Katedral Jakarta Romo Hani Rudi Hartoko, langsung mengajak seluruh peserta buka puasa bersama untuk melihat interior dari Gereja Katedral layaknya study tour. Mulai dari sejarah, besar kapasitas, makna ukiran dan lukisan, semua dipaparkan.

“Ini idenya Bung Karno (lokasi Gereja Katedral). Di seberang ada Masjid Istiqlal. Dia ingin masjid nasional berhadap-hadapan, menggambarkan Indonesia ini adalah harmoni. Sering tamu negara menyeberang jalan kali dari Masjid Istiqlal ke Gereja Katedral dan sebaliknya,” tutur Hani.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)