Home > Ragam Berita > Nasional > Kemenhub Menyebut Angka Kecelakaan Pada Arus Mudik Turun 25 Persen

Kemenhub Menyebut Angka Kecelakaan Pada Arus Mudik Turun 25 Persen

Jakarta – Mengenai arus mudik lebaran kali ini, Kementerian Perhubungan menyatakan jumlah kendaraan pribadi yang keluar dari Jakarta tahun ini mengalami penurunan. Angka kecelakaan juga ikut turun.

Kemenhub Menyebut Angka Kecelakaan Pada Arus Mudik Turun 25 Persen

Saat melakukan keterangan pers kemarin, Budi Setiyadi mengatakan bahwa “Penurunan arus kendaraan mudik menggunakan kendaraan pribadi ini karena adanya perpanjangan waktu cuti bersama sehingga pemudik dapat memilih waktu perjalanan,”

Sedangkan menurut data di lapangan, pada H-8 hingga H-2 Lebaran 2018 juga terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas sebesar 25% dibandingkan tahun lalu. Tahun ini terdapat 899 kasus kecelakaan lalu lintas hingga H-2. Ini lebih sedikit bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2017, yakni 1.212 kecelakaan.

Jumlah pemudik dari Jakarta yang melewati jalan tol menggunakan kendaraan pribadi berkurang. Penurunan jumlah kendaraan di Gerbang Tol Cikupa dari Jakarta ke arah Merak sebesar 16,59% (pada 2017 tercatat 322.157 menjadi 268.719 pada 2018).

Adapun jumlah kendaraan pemudik yang melewati jalan non-tol juga mengalami penurunan. Berdasarkan data Traffic Counting yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di beberapa titik, yaitu Merak, Rancaekek, Sadang, dan Balonggandu, jumlah pengguna kendaraan pribadi roda empat mengalami penurunan sebesar 33%. Sedangkan kendaraan roda 2 atau motor tercatat mengalami penurunan volume cukup signifikan, yakni 47%.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengamat Sarankan Parpol Koalisi Jokowi Dukung Amien Rais Nyapres

Pengamat Sarankan Parpol Koalisi Jokowi Dukung Amien Rais Nyapres

Jakarta – Hendri Satrio selaku salah satu pengamat politik kali ini berkata bahwa lawan politik ...