Home > Gaya Hidup > Tips > Ternyata Tidur Nyenyak Bisa Berikan Dampak Apik bagi Tubuh

Ternyata Tidur Nyenyak Bisa Berikan Dampak Apik bagi Tubuh

Jakarta – Mendapatkan tidur yang berkualitas alias nyenyak ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh anda. Bahkan, peneliti dari University of Warwick di Inggris menyebutkan bahwa keuntungan karena tidur nyenyak setara dengan memenangkan lotre.

Ternyata Tidur Nyenyak Bisa Berikan Dampak Apik bagi Tubuh

Ilustrasi

Para peneliti mengamati tidur dari 30.500 warga Inggris dalam kurun waktu empat tahun. Hasilnya, pola tidur yang sehat dan berkualitas termasuk penurunan konsumsi terhadap obat tidur, menjadikan responden memiliki kesejahteraan mental dan fisik layaknya memenangkan lotre sebesar Rp3,3 miliar.

Menurut Nicole Tang, penulis utama studi dan profesor di Warwick’s Department of Psychology, kebiasaan tidur yang sehat secara langsung terhubung ke peningkatan kesehatan dan kebahagiaan. Namun, kebahagiaan optimal sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur ketimbang dari jumlah jam tidur yang didapatkan.

Sebaliknya, jika kesehatan tidur dan kebiasaan tidur buruk yakni waktu tidur terlambat dan penggunaan alat bantu tidur maka akan menyebabkan keadaan emosional dan mental memburuk. Maka dari itu, Tang sangat menyarankan untuk menghindari obat tidur.

Tang menganjurkan untuk menghindari obat tidur sama sekali, dan tentu saja melatih kebiasaan tidur yang baik setiap malam, untuk mendapatkan tidur malam yang sehat.

Sebagaimana diberitakan National Sleep Foundation pada Senin (23/7/2018), yang disebut dengan kebiasaan tidur yang sehat yakni mendapatkan waktu tidur yang teratur, termasuk jadwal bangun yang teratur, berlatih ritual tidur yang santai mencakup meredupkan lampu terang dan apa pun yang menyebabkan kecemasan.

Beberapa tips juga yang dapat dilakukan agar mendapatkan tidur berkualitas yakni menghindari tidur siang, tidur di kamar dan kasur yang nyaman, serta menurunkan suhu di kamar tidur Anda antara 24-25 derajat celcius ketika malam hari. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Air Tajin Memiliki Kkandungan untuk Kesehatan Bayi

Air Tajin Memiliki Kandungan untuk Kesehatan Bayi

Jakarta – Saat bayi telah mencapai usia 6 bulan, sudah saatnya dia diberi makan pendamping ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135