Jakarta – PDIP menepis semua pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal kegagalan Partai Demokrat berkoalisi dengan PDIP cs mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019.

Hasto Kristyanto : Keggagalan Koalasi dengan SBY Terjadi karena Faktor AHY

Sekjen PDIP Hasto Kristyanto menyebut kegagalan koalisi itu karena faktor SBY yang hanya fokus mengusung anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju di Pilpres 2019.

“Gagal tidaknya koalisi Pak SBY dan Partai Demokrat lebih karena kalkulasi yang rumit yang dilakukan Pak SBY, yang hanya fokus dengan masa depan Mas AHY,” ucap Hasto pada Kamis (26/7/2018).

Hasto menganggap pernyataan SBY soal kegagalan Demokrat berkoalisi dengan PDIP karena hubungannya dengan Megawati belum pulih, adalah keluhan melankolis dan musiman. Hasto heran SBY membawa-bawa nama Mega sebagai penyebab kegagalan koalisi.

“Jadi sebaiknya pemimpin itu bijak, kalau tidak bisa berkoalisi dengan Pak Jokowi karena sikapnya yang selalu ragu-ragu ya sebaiknya introspeksi dan jangan bawa nama Ibu Mega seolah sebagai penghalang koalisi tersebut,” kritiknya.

Baca juga: Ahok Dikabarkan Bakal Ambil Remisi Natal

Menurut Hasto, sekiranya SBY mendorong kepemimpinan Mas AHY secara alamiah terlebih dahulu, mungkin sejarah bicara lain. Namun AHY disiapkan dalam proses politik yang singkat.

“Ibu Mega selalu bicara untuk PDI Perjuangan; untuk Pak Jokowi; untuk rakyat, bangsa dan negara, sementara Pak SBY selalu saja mengeluhkan hubungan itu,” ucapnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)