Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) memastikan kualitas air yang berada di Kalimalang, Kota Bekasi, tidak tercemar limbah. Hal itu dipastikan setelah Emil mengutus tim untuk mengecek kadar air yang berada di Kalimalang.

Ridwan Kamil Pastikan Kualitas Air Kalimalang Tidak Tercemar Limbah

Ridwan Kamil

Emil menuturkan, Kalimalang akan menjadi model percontohan untuk merevitalisasi sungai-sungai di daerah lain, termasuk dalam pengendalian air. Hal itu pun dimudahkan, sebab Kalimalang merupakan saluran irigasi sehingga tidak ada pencemaran limbah.

“Kualitas air itu bagus, karena Kalimalang ini bukan sungai tapi saluran irigasi,” ujar Emil usai rapat khusus Kalimalang di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (27/9/2018).

Berdasarkan laporan, Emil mengaku jika Kalimalang merupakan salah satu irigasi saluran sumber air dari waduk Jatiluhur guna kebutuhan warga Jakarta. Sehingga, lanjutnya, volume air stabil dan tidak terdapat pencemaran dan memudahkan untuk direvitalisasi.

Baca juga: Presiden Jokowi Angkat Bicara Terkait Pencabutan Izin Pulau Reklamasi

“Ini sumber air minumnya orang Jakarta dari Jatiluhur. Jadi artinya tidak pernah banjir, karena volumenya selalu diatur secara engineering. Maka itu bagus, sehingga airnya stabil, tidak banyak kotoran, tidak banyak pencemaran,” bebernya.

Emil pun semakin yakin proyek revitalisasi Kalimalang akan berjalan lancar dan mewujudkan mimpi seperti sungai-sungai di Seoul, Korea Selatan. “Jadi menyulap seperti Seoul itu sangat memungkinkan,” tegas mantan Wali Kota Bandung ini. (Tita Yanuantari – harianindo.com)