Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Imbau Data Perincian Kebutuhan Korban Gempa Segera Diselesaikan

Jokowi Imbau Data Perincian Kebutuhan Korban Gempa Segera Diselesaikan

Jakarta – Sejumlah kebutuhan pengungsi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, kini tengah dirumuskan pemerintah. Presiden Joko Widodo meminta agar data rinci soal kebutuhan mendesak bagi pengungsi tersebut diselesaikan hari ini.

Jokowi Imbau Data Perincian Kebutuhan Korban Gempa Segera Diselesaikan

Jokowi

Sebab data tersebut nantinya juga akan dikomunikasikan dengan negara sahabat yang ingin memberikan bantuan. Hal itu dilakukan usai Jokowi menyatakan membuka pintu bagi negara-negara asing yang ingin membantu korban bencana di Sulteng.

“Saya juga sudah menyampaikan bahwa bantuan luar negeri kita terima dan bantuan yang ada disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan,” kata Jokowi saat membuka rapat penanganan bencana Sulteng bersama menteri dan kepala lembaga di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/10/2018).

“Dan saya minta nanti minta Pak Menko (Menkopolhukam Wiranto) menyampaikan kebutuhan-kebutuhan yang ada karena telepon-telepon yang masuk kepada kami meminta apa (saja) yang dibutuhkan,” tambahnya.

Jokowi menunjuk Wiranto sebagai Koordinator Penanganan Gempa dan Tsunami di Sulteng. Sementara sebagai sosok yang mengomandoi, yakni Wapres Jusuf Kalla.

Terkait bantuan dari luar negeri, ia mengungkapkan telah ditelepon oleh beberapa kepala negara sahabat. Mulai dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz Al Saud, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, hingga Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Jokowi menilai saat ini yang paling dibutuhkan oleh para pengungsi yakni tenda, bahan makanan, serta obat-obatan. “Dan yang lain dibutuhkan agar hari ini bisa kita putuskan dan kita sampaikan kepada negara yang ingin membantu,” tegasnya.

Baca juga: Luhut Binsar : Pemerintah Harus Usulkan Dana Penanggulangan Bencana Internasional

Dalam rapat tertutup itu, Jokowi juga menyampaikan empat prioritas utama penanganan gempa dan tsunami di Sulteng. Pertama evakuasi dan pencarian korban. Prioritas kedua yakni pertolongan medis. Yang ketiga adalah penanganan pengungsi.

“Yang keempat yang berkaitan dengan perbaikan infrastruktur. Terutama airport, terutama jalan-jalan yang terkena longsor, agar segera diselesaikan,” ungkap Jokowi. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

YLKI Sebut Individu atau Perseorangan Tidak Boleh Lakukan Penggalangan Dana Publik

YLKI Sebut Individu atau Perseorangan Tidak Boleh Lakukan Penggalangan Dana Publik

Jakarta – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menegaskan, penggalangan dana publik hanya boleh dilakukan oleh ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135