Home > Gaya Hidup > Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Jakarta – Salah satu momok paling menakutkan bagi wanita di seluruh dunia adalah penyakit kanker payudara, meski penyakit ini juga bisa diidap oleh pria.

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Mengenal sejak awal gejala kanker payudara merupakan langkah penting untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit ini.

Hingga saat ini belum diketahui apa yang menyebabkan kanker payudara, namun sejumlah faktor bisa meningkatkan risiko.

Faktor genetik atau keturunan, pola hidup yang tidak sehat, dan stres, dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Lantas bagaimana gejala awal kanker payudara?

Kenali beberapa gejala awal kanker payudara, seperti munculnya benjolan di payudara, warna kulit payudara yang berubah menjadi seperti kulit buah jeruk, puting terasa sakit, muncul benjolan di ketiak, punggung terasa sangat sakit, tangan kesemutan dan nyeri hebat tanpa penyebab jelas, serta perubahan berat badan secara signifikan.

Untuk mencegah kanker payudara, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin minimal 1 tahun dua kali. Bila menemukan perasaan tidak nyaman di bagian payudara, segeralah berkonsultasi ke dokter ahli.

Selain itu, menjaga pola hidup sehat, olahraga teratur, istirahat cukup, dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan, juga merupakan langkah penting dalam mencegah kanker payudara.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Payudara Berukuran Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker

Payudara Berukuran Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker

Jakarta – Ukuran payudara ternyata mempengaruhi seseorang lebih berisiko terkena kanker payudara. Menurut keterangan dokter ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135