Home > Ragam Berita > Nasional > Suara Pesawat Antonov Juga Pernah Gegerkan Warga Manchester Pada 2015

Suara Pesawat Antonov Juga Pernah Gegerkan Warga Manchester Pada 2015

Jakarta – Pada Jumat (15/12/2018) dinihari WIB, warga di wilayah Pantura Pulau Jawa dikejutkan dengan suara keras yang terdengar dari atas langit yang kemudian diketahui diduga berasal dari pesawat Antonov An-12BP milik maskapai Ukraine Air Alliance.

Suara Pesawat Antonov Juga Pernah Gegerkan Warga Manchester Pada 2015

Pada 2015 lalu pesawat dengan jenis yang sama ternyata juga pernah mengejutkan warga Kota Manchester, Inggris.

Dikutip dari media lokal Manchester Evening News, Minggu (16/12/2018), suara keras dan bergetar membangunkan warga Manchester pada 17 September 2015 malam sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Menurut situs Flight Radar 24, pesawat tersebut terbang di ketinggian sekitar 20 ribu kaki.

Situs Flight Radar 24 juga mencatat, pesawat Antonov An-12BP milik maskapai Ukraine Air Alliance melintas di atas wilayah Pantura pada waktu yang sama saat warga mendengar suara meraung-raung.

Huruf ‘BP’ sendiri menunjukkan bahwa pesawat yang melintas di Pantura itu merupakan pesawat militer. Pihak AirNav Indonesia juga membenarkan informasi itu dan memastikan pesawat Antonov An-12BP yang melintas telah mengantongi izin.

Namun demikian, pihak TNI AU melalui Kadispenau Marsekal Pertama Novyan Samyoga menegaskan bahwa suara misterius yang meraung-raung yang didengar warga Pekalongan hingga Kabupaten Semarang bukan berasal dari pesawat Antonov An-12BP.

Di sisi lain, cuitan akun twitter TNI AU membenarkan pesawat Antonov An-12BP melintas wilayah NKRI namun masih di ketinggian 22 ribu kaki. Hal ini menjawab pertanyaan pengguna Twitter lain yang menampilkan screenshot dari situs Flight Radar 24.

“Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tsb selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft, dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dg pswt C-130 Hercules. Secara teori fisika tdk akan mengeluarkan bunyi seperti yg sedang viral,” tulis akun Twitter TNI AU, @_TNIAU, Jumat (14/12/2018).
(samsularifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

KPU Umumkan Hasil Rekapitulasi, Prabowo Gelar Rapat di Kertanegara

KPU Umumkan Hasil Rekapitulasi Pilpres, Prabowo Gelar Rapat di Kertanegara

Jakarta – Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, menggelar rapat bersama para petinggi Badan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135