Home > Ragam Berita > Nasional > Pemprov DKI Anggarkan Ratusan Miliar Rupiah untuk Pembanunan Rusun Baru

Pemprov DKI Anggarkan Ratusan Miliar Rupiah untuk Pembanunan Rusun Baru

Jakarta – Tahun ini Pemprov DKI Jakarta menargetkan memulai pembangunan tujuh rumah susun baru. Semuanya adalah rusunawa murah untuk kelompok masyarakat berpenghasilan rendah.

Pemprov DKI Anggarkan Ratusan Miliar Rupiah untuk Pembanunan Rusun Baru

“Alokasi anggarannya R0 709,94 miliar sudah masuk APBD DKI Jakarta 2019,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Bswedan, di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Juga ada proyek revitalisasi tiga rusun dengan total anggaran Rp 189,97 miliar. Tiga rusun tersebut Karang Anyar, Jakarta Pusat (Rp 79,99 miliar), Cipinang Besar Utara (Rp14,99 miliar) dan Penjaringan Tower A, B, E dan F (Rp 94,99 miliar).

“Sepuluh rusun tersebut nantinya berkapasitas 6.043 unit. Rusun ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” papar Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta, Kelik Indriyanto.

Saat ini Dinas PRKP DKI mengelola 34 rusun. Jumlahnya akan terus ditambah dan untuk pengadaan lahannya di berbagai tempat di Jakarta telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 300,73 miliar.

“Pengadaan lahan ini untuk dijadikan bank tanah. Sehingga saat dibutuhkan pembangunan rusun, lahannya sudah tersedia,” jelas Kelik.

Bbaca juga: Anies : Kebakaran di DKI Kerap Diakibatkan Korsleting Listrik

Program pemenuhan kebutuhan rumah warga Jakarta ada di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2022. Pemprov DKI menargetkan memenuhi 250 ribu unit yang proyeknya dikerjakan BUMD dan swasta.

Khusus bagi kelompok masyarakat berpenghasilan kurang dari Rp 4 juta, akan dibangun 14.564 unit rusunawa hingga tahun 2022. Separuh di antaranya sudah dipenuhi dengan selesainya rusunawa Nagrak, Rorotan, KS Tubun, Semper, Rawa Buaya, Pengadegan, BLK (Pasar Rebo), Rawa Bebek dan Penjaringan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Habiburokhman Tuding Ada Indikasi Pelanggaran Hukum Pada Tabloid Indonesia Barokah

Habiburokhman Tuding Ada Indikasi Pelanggaran Hukum Pada Tabloid Indonesia Barokah

Jakarta – BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menuturkan bahwa pihaknya akan melaporkan tabloid ‘Indonesia Barokah’ ke ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135