Home > Ragam Berita > Nasional > Bowo Sidik Seret Nama Nusron Wahid Terkait Kasus Uang Rp 8 Miliar Dalam Ribuan Amplop

Bowo Sidik Seret Nama Nusron Wahid Terkait Kasus Uang Rp 8 Miliar Dalam Ribuan Amplop

Jakarta – Tersangka kasus dugaan suap antara PT Pupuk Indonesia dan PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK), Bowo Sidik Pangarso, menyeret nama rekan separtainya di Golkar, Nusron Wahid.

Bowo Sidik Seret Nama Nusron Wahid Terkait Kasus Uang Rp 8 Miliar Dalam Ribuan Amplop

Menurut pengakuan Bowo, Nusron Wahid meminta dirinya untuk mengumpulkan uang bagi DPP Golkar.

“Saya disuruh Nusron Wahid mengumpulkan uang untuk DPP,” kata Bowo Sidik usai diperiksa penyidik KPK pada Selasa (9/4/2019).

Namun demikian, Bowo tidak menjelaskan secara detail pernyataannya itu karena ia bergegas masuk kembali ke dalam mobil tahanan.

Seperti diketahui, hingga saat ini KPK telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam kasus ini, yakni Bowo Sidik, Marketing Manager PT HTK Asty Winasti, dan Indung PT Inersia.

Bowo Sidik diduga meminta fee kepada PT Humpuss Transportasi Kimia atas biaya angkut yang diterima sebesar USD 2 per metric ton.

Penyerahan uang dilakukan di rumah sakit, hotel, dan kantor PT Humpuss sejumlah Rp 221 juta dan USD 85.130.

Uang ini kemudian ditukarkan dalam bentuk pecahan Rp 50 ribu dan Rp 20 ribu yang dimasukkan ke dalam ribuan amplop, yang diduga akan digunakan Bowo Sidik untuk melancarkan aksi serangan fajar.

Atas perbuatannya, Bowo Sidik dan Indung disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sedangkan Asty Winasti disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan deak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) ke-1 KUHP‎.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jokowi-Ma'ruf Mendapat Dukungan Dari Pedagang Beras di Sragen

Jokowi-Ma’ruf Mendapat Dukungan Dari Pedagang Beras di Sragen

Jakarta – Dukungan baru kini kembali menghampiri capres petahana Joko Widodo. Kali ini beliau mendapat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135