Home > Gaya Hidup > Tips > Susah BAB ? Coba Lakukan Cara Sederhana Ini

Susah BAB ? Coba Lakukan Cara Sederhana Ini

Jakarta – Sembelit memang hal yang cukup ditakutkan. Penyebab konstipasi atau sembelit biasanya terjadi karena pergerakan tinja atau feses pada usus yang bergerak lambat sehingga konsistensinya pun menurun dan menjadi keras, dan kering.

Susah BAB ? Coba Lakukan Cara Sederhana Ini

Secara umum, sembelit terjadi akibat dari kurang olahraga, kurang minum, atau diet yang minim serat. Sehingga, jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan gangguan pencernaan lainnya.

Untuk mengindari sembelit, berikut empat tips agar BAB anda lancar setiap harinya:

Minum air putih
Kurang minum air bisa menyebabkan tubuh konstipasi karena kurang cairan dalam tubuh. Menurut Elizabeth Ann Shaw, MS, RD, CLT, tubuh yang kekurangan cairan bisa mengganggu pencernaan dalam usus sehingga menyebabkan susah BAB.

Jongkok
Berdasarkan studi pada tahun 2012 yang dipublikasikan dalam jurnal Digestive Diseases and Science berlama-lama duduk dalam posisi jongkok bisa merangsang tubuh untuk BAB.

Minum air hangat dengan lemon
Dr Felice Schnoll-Sussman, seorang gaestroenologist menjeakan bahwa menyampur air hangat dengan perasan lemon bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Teh pepermint
Sebuah riset di University of Maryland menyebutkan teh peppermint bisa mencegah gangguan usus yang menyebabkan susah BAB. Penyembuhan holistik ini sangat alamiah dan mujarab dalam melatih sistem otot pada organ pencernaan agar lebih produkitf. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Menghindari Sakit Punggung Saat Mudik

Tips Menghindari Sakit Punggung Saat Mudik

Jakarta – Perjalanan mudik yang jauh dan harus ditempuh selama berjam-jam, ditambah lagi dengan kemacetan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135