Jakarta – Meski komposisi kabinet Joko Widodo masih belum terbentuk, namun sudah ada sejumlah nama yang ditawarkan untuk menjadi menteri Jokowi di periode kedua. Angela Herliani Tanoesoedibjo adalah salah satu nama yang digadang-gadang bakal masuk ke daftar kabinet Jokowi.

Putri sulung Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo tersebut memang diusulkan oleh pihak partai karena dinilai pas dengan kriteria yang diinginkan Jokowi. Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa kriteria menteri yang dicarinya adalah muda dan cerdas. Hal itu disampaikan oleh Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq.

“Dari apa yang disampaikan Pak Jokowi, Perindo juga menyiapkan diri kalau diminta mengusulkan calon figurnya, yaitu Angela Herliani Tanoesoedibjo,” kata Ahmad Rofiq.

Baca Juga: Sikap Politik Demokrat Masih Menunggu Arahan SBY

Sebelum menjajaki karir sebagai politisi, perempuan berusia 32 tahun tersebut aktif di dunia bisnis. Sejak 2016, Angela Tanoesoedibjo ditunjuk sebagai Direktur Perseroan MNC Group. Sedangkan dalam riwayat pendidikan tingginya, ia mendapat gelar Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia pada tahun 2008. Angela pun menyandang gelar Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari Universitas New South Wales Australia pada tahun 2010.

Ketika bergabung dengan Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo diberikan tanggung jawab menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal. Sedangkan Ahmad Rofiq menjadi Sekretaris Jenderal Perindo. Angela pun sempat menjadi caleg dari Perindo di Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo. Namun ia gugur karena hanya mendapat 30.707 suara. Sementara Perindo sendiri hanya meraup 3.738.320 suara atau 2,67 persen. Angka tersebut masih di bawah parliamentary threshold sebesar 4 persen. (Elhas-harianindo.com)