Semarang – Sebuah pohon sengon menjadi penyebab padamnya listrik seluruh Jakarta padam dan sebagian Jateng, pada Minggu-Senin.

Pohon sengon berada di Desa Malon, di Gunung Pati, 28 km selatan Semarang. Pohon tersebut dioto, kemudian otonya dipasang di seluruh kantor PLN. Tinggi tiang SUTET itu 40 meter dan membentang. Tinggi pohon sengon itu sekitar 15 meter, sudah mencapai medan magnet SUTET.

Masyarakat Jakarta penggunaan listriknya besar, apalagi daerah industri sekitarnya, meliputi Tangerang, Bogor, Bekasi, Karawang.

Pembangkit listrik terbesarnya berada di Jatim, tepat dii Paiton. Kebutuhan listrik yang sangat besar hanya bisa dikirim lewat SUTET, yang tegangannya 500 kVA. Ibarat kirim air, selangnya harus sangat besar.

Semakin tinggi tegangannya semakin luas medan magnetnya. Karena hal tersebut harus ada sempadan yang lebar. Sepanjang jalur SUTET tidak boleh ada tanaman tinggi, dalam istilah listrik sempadan itu disebut ROW, Right of Way.

Beberapa waktu silam selalu diadakan pengawasan terhadap ROW. Pengawasan tersebut dilakukan agar tidak ada pohon yang mendekati medan magnet SUTET.

Pulau Jawa pada dasarnya dapat dikatakan aman, karena memiliki dua jalur SUTET. Jalur Utara (yang melintasi Ungaran, Semarang itu) dan jalur tengah. Membentang dari ujung timur ke ujung barat Jawa. Namun, ternyata pemadaman listrik masih tetap saja bisa terjadi, dan hal tersebut disebabkan oleh pohon sengon yang tingginya mencapai medan magnet SUTET. (NRY-www.harianindo.com)