Jakarta – Terkait rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan membangun kembali Kampung Akuarium, Jakarta Utara, PDIP buka suara. Fraksi partai tersebut menentang wacana tersebut dan meminta agar Anies melanjutkan rencana dari Gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Ima Mahdiah, mengungkapkan bahwa tidak seharusnya Kampung Akuarium dibangun sebagai kawasan pemukiman. Apa yang dilakukan oleh Ahok pada periode sebelumnya adalah untuk menata kembali kawasan tersebut.

“Dulu zaman pak Ahok kita mau rapikan biar pedagang juga enak dibikinin satu. Terus orang mau datang ke Luar Batang juga gampang aksesnya,” ujar Ima pada Selasa (22/10/2019).

Ima juga menentang rencana Anies yang akan membangun rumah lapis di Kampung Akuarium. Pembangunan pemukiman akan menyebabkan kawasan tersebut kembali kumuh.

“Kalau penataan akuarium misalnya dibangun lagi pasti banjir lagi,” kata Ima.

Seharusnya, program Ahok yang ingin membangun pemukiman warga Kampung Akuarium di kawasan lain harus dilanjutkan. Jika yang menjadi masalah adalah akses, maka Pemprov harusnya membangun infrastruktur transportasi.

“Harus diterusin (program Ahok) karena pasti bakal banyak bangunan kumuh lagi dibangun dan yang dapat rusun juga nanti enggak jelas siapa, sudah gitu melanggar aturan di situ,” tandas Ima.

Sempat digusur oleh Ahok sebelumnya, Kampung Akuarium kini rencananya bakal dibangun kembali oleh Anies. Pembangunan tersebut akan dimulai pada tahun depan.

“Tahun 2020 kami mulai (pembangunannya),” ujar Anies di TPU Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (08/10/2019).