Jakarta – Jusuf Kalla (JK), selaku Mantan Wakil Presiden mengapresiasi terkait pemilihan Jenderal (Purn) Fachrul Razi menjadi Menteri Agama (Menag). Terkait hal itu, JK beranggapan bahwa Fachrul Razi merupakan tokoh militer yang mengerti agama.

“Militer, tapi mengerti agama. Tidak semua militer bisa jadi menteri agama. Walaupun selama pensiun Pak Fachrul Razi, tapi dia paham agama dengan baik,” kata JK di rumahnya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

JK mengklaim bahwa dirinya mengenal baik Fachrul Razi sejak di Makassar. Menurutnya, Fachrul Razi merupakan sosok yang religius.

“Saya kenal baik waktu di Makassar, dia selalu salat magrib dengan saya di Masjid Al-Azhar, dan bisa khotbah, itu bisa khotbah. Jadi bukan hanya jenderal, bisa khotbah itu,” jelasnya.

Selain itu, JK menilai menteri muda merupakan sosok yang tepat. JK mengatakan banyaknya tokoh muda di kabinet Indonesia Maju merupakan kesempatan bagi tokoh-tokoh itu untuk memperlihatkan kemampuannya.

“Ya ini juga ujian, ujian untuk adik-adik muda, kayak Nadiem, dan Erick, Bahlil, untuk memperlihatkan kemampuannya. Memang dunia usaha dengan bidang birokrat pemerintahan itu berbeda. Tapi harus dilalui dengan baik, dengan pengalaman-pengalaman itu penting,” ucapnya.

Di sisi lain, JK juga mengapresiasi pemilihan Tito Karnavian menjadi Mendagri. Dia mengatakan Tito mempunyai kapasitas dalam jabatan yang baru diembannya. (NRY-www.harianindo.com)