Klaten – Netizen Tanah Air baru-baru ini terpancing perhatiannya dengan sebuah unggahan berisi deretan foto di Instagram. Dalam foto tersebut, nampak deretan motor Yamaha NMAX berwarna merah dalam jumlah banyak.

Foto-foto tersebut rupanya diunggah oleh akun bernama @agoez_bandz di Instagram. Berdasarkan keterangan yang ia tulis, diketahui bahwa deretan motor NMAX itu diparkir di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Lebih lanjut, akun tersebut mengatakan bahwa motor-motor NMAX merah itu akan dibagikan kepada para kepala desa dan lurah sebagai kendaraan operasional mereka.

“Lautan NMAX. Sebanyak 401 Lurah dan Kepala Desa di Kabupaten Klaten dapat sepeda motor operasional baru. Para Lurah dan Kades itu mendapatkan sepeda motor Yamaha NMAX 155 warna merah doff. Kenapa ngga milih Honda PCX 150 ya om,” tulis @agoez_bandz dalam kolom caption.

Postingan tersebut kemudian dibanjiri oleh komentar para netizen. Ada warganet yang menyebut bahwa di daerah lain juga menggunakan NMAX sebagai kendaraan operasional kepala desa.

“Di Pangandaran, motor inventaris kepala desa dan jajarannya juga NMAX, bahkan ada employe NMAX CLUB juga, wkwkwk,” kata netter.

“Kalau dukcapil Jakarta Timur Scoopy merah tahun kemarin,” ujar warganet.

“NMAX Pemkab Klaten Club,” tulis netizen.

Rupanya, pengadaan motor NMAX sebagai operasional Lurah dan Kepala Desa dianggarkan oleh Pemkab Klaten sebesar Rp 11,9 miliar dari APBD Perubahan 2019. Pengadaan NMAX merah tersebut juga dikonfirmasi oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, M. Himawan Purnomo.

“Ya, motornya warna merah semua,” kata M. Himawan Purnomo. (Elhas-harianindo.com)