Google Play Store

Google Play Store

California – Bagi Anda pengguna Android tentunya sudah sering menggunakan Google Play. Disini Anda dapat mengunduh berbagai macam aplikasi untuk menambah software yang ada didalam Android Anda, ataupun Anda mengupdate aplikasi yang ada melalui Google Play.

Namun untuk saat ini, mesin pencari raksasa ini mulai memberikan pengamanan yang cukup ketat untuk toko aplikasi Google Play. Hal ini disebabkan karena Google tidak ingin semua orang dapat mengakses tanpa sepengetahuannya.

Seperti yang dilansir dalam Softpedia, Sabtu (27/4/2013), baru-baru ini Google telah mengumunkan bahwa untuk memperbaharui aplikasi Android saat ini tidak bisa secara otomatis tanpa sepengetahuan Google. Karena Google ingin semua software yang ada di toko aplikasinya dapat diupdate melalui jalur yang resmi.

Dengan demikian jika ada aplikasi terbaru yang ada di Google Play, maka pembaharuan tersebut ada notifikasinya dari Google. Bahkan sebelumnya semua aplikasi unduhan ataupun aplikasi tambahan  juga harus sepengetahuan si pengguna. Aturan baru dari Google ini merupakan sebuah aturan tambahan dari peraturan sebelumnya.

Seperti yang diungkapkan dalam Google Play Developer Program Policies, bahwa aplikasi yang diunduh dari Google Play pada dasarnya tidak dapat diperbaharui, dimodifikasi ataupun diganti kode APK-nya (Android Application Package) selain menggunakan aplikasi resmi milik Google Play. Langkah Google ini merupakan dampak dari facebook yang secara langsung memperbaiki aplikasinya tanpa menaati aturan dari Google Play.