Perang Suriah

Perang Suriah

Damaskus – Setelah tiga minggu menjalani peperangan melawan pihak pemerintah, pasukan oposisi Suriah saat ini dikabarkan masih tetap berhasil mempertahankan kota Qusair. Padahal, sebelumnya pihak pasukan pemerintah mengungkapkan bahwa mereka akan segera berhasil merebut kota Qusair dari tangan pasukan oposisi.

Pasukan pemerintah dalam peperangan tersebut juga dibantu oleh pasukan Hizbullah yang telah mengungkapkan komitmennya untuk membantu pasukan Assad hingga konflik selesai. Selain kalah dalam hal jumlah, pasukan oposisi yang bertahan di kota Qusair tersebut juga tercatat kalah dalam hal peralatan tempur yang mereka miliki.

Seperti yang kita ketahui, pihak militer pemerintah dalam peperangan tersebut tercatat menggunakan serangan udara dengan jet tempur yang mereka miliki. Sementara itu, pihak oposisi hanya membalas dengan senjata yang sangat sederhana. Bahkan, basis pertahanan pasukan oposisi saat ini telah hancur dibom oleh pesawat pemerintah.

“Mereka (pasukan oposisi) seharusnya mendapatkan pujian. Mereka telah menunjukkan kegigihan yang sangat luar biasa sehingga mampu mengubah kondisi perang,” tutur salah satu pengamat AS, Jeff White seperti dilansir oleh Daily Star, Selasa (4/6/2013).

Walaupun demikian, White menuturkan bahwa kota Qusair tetap akan berhasil direbut oleh pasukan pemerintah. Namun, White tidak bisa memperkirakan kapan hal tersebut akan terjadi. Pasalnya, pasukan oposisi telah mempersiapkan diri mereka dengan perangkap – perangkap yang dipasang di seluruh sudut kota Qusair. (Choirul Anam – www.harianindo.com)